Dini Hari, Samarinda Membara Saat Warga Tidur Lelap

Hery : Api Merambat dengan Cepat

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Warga Jalan Otto Iskandar Dinata, Gang Keluarga, RT 24, Kelurahan Sungai Dama, Samarinda, yang sedang lelap dalam tidurnya dikejutkan timbulnya kobaran Api yang seketika cepat menjalar dari bangunan yang rata-rata terbuat dari kayu, Sabtu (11/9/2021) sekitar Pukul 03:00 Wita dinihari.

Humas Disdamkar Kota Samarinda Hery Suhendra mengatakan, kebakaran ini terjadi saat kebanyakan warga sedang tertidur lelap. Saat Api membesar dengan cepat, warga segera berhamburan keluar rumah dan menyelamatkan diri dan harta benda mereka.

“Dugaan awal api muncul dari salah satu Rumah Bangsalan. Memang kejadiannya pas orang lagi pulas tidur, Api merambat dengan cepat karena memang rumah di sini rata-rata bahan materialnya kayu. Warga seketika langsung panik, menyelamatkan diri dan harta mereka,” ucap Hery kepada awak media DETAKKaltim.Com saat dikonfirmasi, Sabtu (11/9/2021) siang.

Diketahui dari kejadian tersebut sedikitnya 3 bangunan hangus terbakar. Saat kobaran Api membesar diiringi cuaca hujan yang cukup deras, sehingga memudahkan dalam proses pemadaman Api.

“Dari data di lokasi kejadian sedikitnya 1 rumah tunggal, 1 tempat usaha dan 1 bangunan 2 pintu hangus terbakar ganasnya kobaran Api. Selain itu tadi ada 1 orang dalam keadaan shock hingga pingsan dan dievakuasi oleh tim medis,” lanjut Hery.

Baca Juga :

Ditanya tentang kendala di lapangan saat pemadaman, Hery mengatakan jika banyaknya warga yang sedang panik membuat mereka berhamburan keluar rumah. Dan banyaknya warga yang berkerumun memadati jalan, yang dilalui petugas pemadam kebakaran.

“Kawasan ini memang padat penduduk, mereka yang panik otomatis keluar semua. Dan karena mereka memenuhi jalan, kami sempat kesulitan untuk masuk. Tapi berkat cuaca hujan, Api dengan cepat dipadamkan.” tandas Hery.

Kurang lebih sekitar 40 menit api dapat dikuasai, dan sekitar 10 Fire Tank Disdamkar dan relawan gabungan serta portable ikut serta berjibaku memadamkan kobaran Api. (DETAKKaltim.Com).

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!