Pangdam VI/Mlw Nilai Latma Garuda Shield Ke-15 Sukses

Mayjen TNI Heri : Latihan Berjalan Baik dan Sukses

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : : Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa menutup Latihan Bersama (Latma) TNI AD – US Army bertajuk Garuda Shield Ke-15 di Baturaja, Sumatera Selatan, Sabtu (14/8/2021).

Selain di Baturaja, Latma Garuda Shield Ke-15 yang juga digelar di Amborawang hari ini juga ditutup dalam sebuah upacara, dengan mendengarkan amanat tertulis Kasad yang dibacakan Irjenad Letjen TNI Benny Susianto selaku Inspektur Upacara, di Lapangan Markas Yonif Raider 600/Modang, Balikpapan, Pukul 08:00 Wita.

Menjawab pertanyaan sejumlah Wartawan yang menaruh perhatian serius terhadap peristiwa bersejarah antara Angkatan Darat kedua negara tersebut, Panglima Komando Daerah (Pangdam) VI/Mulawarman (Mlw) Mayjen TNI Heri Wiranto mengatakan, banyak hal yang dapat dicapai dalam Latma ini. Tetapi semangat kebersamaan membangun hubungan antara Prajurit TNI AD dan US Army, yang sangat kental dirasakan.

“Apa-apa yang kita telah dapatkan ini, nanti akan selalu kita tingkatkan,” jelas Pangdam.

Terkait masalah materi latihan, kata Pangdam lebih lanjut, akan ada evaluasi nanti kegiatan ini dan menjadi masukan buat bersama.

“Saya berharap latihan ini tidak hanya sampai dengan saat ini, tapi nanti bisa terus berkembang. Mungkin bisa di Satuan-Satuan yang lain, atau di daerah yang lain,” sebut Pangdam.

Meski dinilai Latma Garuda Shield Ke-15 berjalan dengan baik, namun Pangdam menjelaskan berdasarkan evaluasi yang telah disampaikan Komandan Latihan TNI AD, ada beberapa hal yang menjadi perhatian ke depan. Di ataranya bagaimana perencanaan latihan ini, penyiapannya, sampai pada pelaksanaannya.

“Secara umum latihan berjalan dengan baik dan sukses karena materi-materi yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik, dan dapat dilaksanakan bersama-sama dengan baik,” ungkap Pangdam.

BERITA TERKAIT :

Kegiatan semacam ini, kata Pangdam menjawab pertanyaan awak media, bisa saja dilaksanakan di Kalimantan Utara ataupun di daerah lain di Kalimantan. Hal itu juga sudah disinggung Kasad, tergantung komunikasi top army to army, TNI AD dan US Army. Karena kagiatan ini dirancang TNI AD, nanti akan diputuskan tempatnya.

“Kalimantan Utara bisa jadi, karena memang ada beberapa daerah Latihan kita yang sedang kita kembangkan. Khususnya di daerah Nunukan, dan ini mungkin bisa jadi pertimbangan,” jawab Pangdam.

Pada bagian akhir penjelasannya, Pangdam mengatakan latihan ini memberikan hal yang baik untuk kemajuan kita semua.

“Kita sudah sampaikan ke mereka, pada prinsipnya kita melihat latihan ini sangat memberikan suatu hal yang baik untuk kemajuan kita semua. Meningkatkan kapabilitas kita dan tentunya bisa ditingkatkan.” tandas Pangdam.

Pada awal penjelasannya, Pangdam menyampaikan rangkaian kegiatan Garuda Shield Ke-15 telah dimulai sejak kedatangan US Army tanggal 28 Juli 2021. Kemudian melaksanakan latihan bersama, sampai dilaksanakan kegiatan penutup sehari sebelumnya berupa sport day dan Culture day untuk mengenalkan budaya, dan wilayah serta membangun kebersamaan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

Reporter : Roni S

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!