Bupati Kukar Resmikan Tanjung Batu Sebagai Desa Mandiri

Prioritas Pengembangan di Sektor Pertanian    

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANAGERA : Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan Desa Tanjung Batu, Kecamatan Tenggarong Seberang, sebagai Desa Mandiri, Rabu (4/8/2021).

Dalam sambutannya, Edi Damansyah mengatakan salah satu prioritas kebijakan Pemerintah Kabupaten Kukar adalah pengembangan Sektor Pertanian dalam arti luas, khususnya pengembangan Pertanian berbasis kawasan, seperti yang telah dilakukan di Desa Tanjung Batu, KecamatanTenggarong Seberang.

“Kenapa dalam kebijakan kami saat ini ada Program Hilirisasi Pertanian, karena kami ingin Bidang Pertanian konsepnya menghadirkan industrialisasi di Pertanian itu. Sehingga bisa memastikan apa yang dilakukan Petani, komoditi yang ditanam sudah jelas memfasilitasi pasarnya,” papar Edi.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini para Petani sangat besar ketergantungan kepada Pemerintah Kabupaten Kukar. Di sisi lain yang dihasilkan Petani Kukar belum mampu memfasilitasi di pasarnya.

Kata Edi, Kecamatan Tenggarong Seberang menjadi kawasan unggul, tapi memiliki tantangan yang sangat tinggi. Karena aktivitas eksploitasi sumber daya alam Batubara yang juga tinggi, sehingga hal ini menjadi tantangan bagi Pemerintah Kukar.

“Kami akan buktikan Desa di sekitar Tambang khususnya di Tenggarong Seberang, bisa dibangun dan bisa dihijaukan kembali di Sektor Pertanian yang baik dengan konsep-konsep yang sudah ditetapkan bersama.” tandas Edi.

Baca Juga :

Hadir dalam peresemian tersebut Komandan Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) Letkol Inf Charles Alling, dan Kabaglog Polres Kukar Kompol Budi Santosa, dan warga Desa setempat.

Sebelum peresmian Desa Mandiri, rombongan disambut paparan Visi dan Misi Kepala Desa Tanjung Batu Husniansyah dengan tema “Sehati Sepikir Untuk Mewujudkan Kemandirian Desa, Bersama Kita Bisa”.

Paparan tersebut berisi antara lain meningkatkan kemandirian ketahanan pangan, mensejahterakan taraf hidup masyarakat melalui UMKM dan PKK, memelihara zonasi hijau Desa Tanjung Batu, meningkatkan kewaspadaan akan bahaya Narkoba serta menciptakan suasana aman dan tertib dalam bermasyarakat. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Alim

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!