Rencana Pembangunan Dermaga Kampung Baru Ditanggapi Kadishub Kaltim

AFF Sembiring : Belum Ada Komunikasi

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Rencana pembangunan Dermaga di Kampung Baru Balikpapan yang bergulir sejak tahun 2016, kembali mencuat dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan, Selasa (27/7/2021).

Dalam Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA – PPAS) Tahun 2022, Dinas Perhubungan Kota Balikpapan memaparkan sejumlah program, salah satu terkait pembangunan Dermaga di Kampung Baru.

Usulan pembangunan Dermaga itu diajukan dan dibahas bersama Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, lantaran fasilitasnya masih tradisional hingga saat ini.

Dermaga Kampung Baru berhadapan langsung dengan Penajam Paser Utara (PPU), yang merupakan wilayah ditempatkannya Calon Ibu Kota Negara (IKN) baru nantinya.

Terkait dengan pembangunan Dermaga tersebut, Ketua Komisi 3 DPRD Balikpapan Alwi Al Qadri menyampaikan, menurut informasi dari Detail Engineering Design (DED) anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp90 Milyar.

Namun pembangunan Dermaga Kampung Baru hingga saat ini, belum direalisasikan Pemerintah Kota Balikpapan dengan alasan anggaran yang digunakan tidak sedikit.

Menurut Alwi, jika terkendala karena anggarannya besar, bisa dilakukan secara bertahap atau dikurangi anggarannya.

Terkait masalah anggaran tersebut Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana menyampaikan, Dermaga Kampung Baru yang direncanakan sejak Tahun 2016 terhambat karena biaya yang sangat besar, namun besar kemungkinan pembangunan Dermaga bisa terealisasi tahun 2024.

“Kami akan mencoba meminta bantuan kepada Provinsi, dimana keterkaitan dengan Laut sudah diambil alih oleh Provinsi dilihat dari Undang-Undangnya,” kata Sudirman.

Baca Juga :

Dikonfirmasi terkait hal itu, Kepala Dinas Provinis Kalimantan Timur AFF Sembiring mengatakan hingga saat ini belum ada komunikasi soal itu.

“Belum ada komunikasi ke Dishub Provinsi terkait rencana Dishub Kota Balikpapan itu,” kata Sembiring dalam pesan singkatnya via WhatsAppa, Jum’at (29/7/2021) siang.

Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Perhubungan Kota telah menyelesaikan perencanaan pembangunan pelabuhan penumpang dan barang, di area Pelabuhan Speed Boat di Kampung Baru Tengah, Balikpapan Barat, pada Desember 2015 lalu. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!