Shalat Id 1442 H, Khatib : Dituntut Untuk Mengorbankan Sebagian Harta

Warga Masjid Annoor Kumpulkan 9 Ekor Sapi Qurban

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pelaksanaan Shalat Idul Adha di Masjid Annor, Kelurahan Pelita, Samarinda Ilir, Kaltim, berjalan lancar, Selasa (20/7/2021).

Ratusan ummat Islam di sekitar Masjid Annoor yang berlantai 2 tersebut memenuhi ruangan, bahkan hingga meluber keluar halaman parkir untuk melaksanakan Shalat Id 1442 H.

Sebelum khatib menyampaikan Khotbahnya, panitia penyembelihan hewan Qurban terlebih dahulu menyampaikan jumlah hewan Qurban yang berhasil dikumpulkan.

Dalam laporannya, panitia menyampaikan terdapat 9 ekor Sapi Qurban yang terkumpul. 7 ekor Sapi tersebut merupakan hasil patungan warga sekitar, dan 2 ekor hewan Qurban pribadi 2 keluarga.

“Penyembelihan akan dilaksanakan besok, hari Rabu di Rumah Pemotongan Hewan Tanah Merah,” kata panitia dalam laporannya.

BERITA TERKAIT :

Jumlah Sapi Qurban tahun ini lebih banyak dari tahun lalu yang hanya berjumlah 8 ekor, meski demikian tahun ini hanya ada 2 ekor Kambing sedangkan tahun lalu 7 ekor.

Dalam khotbahnya, Khatib menyampaikan harta yang ada di tangan kita adalah amanat Allah Swt. Karena itu, kepada kita dituntut untuk mengorbankan sebagian harta itu untuk di jalan Allah, kepentingan sosial, dan kemasyarakatan.

Ia juga menyampaikan, mengubah kemungkaran di tengah masyarakat memerlukan perjuangan yang berat, dan resiko yang besar. Sebagaimana yang dialami Nabi Ibrahim AS ketika berjuang memberantas kebatilan di kalangan kaumnya. Beliau harus berhadapan dengan Raja Namruz beserta kelurganya.

“Karena itu menjadi kewajiban kita Ummat Islam untuk memiliki kesadaran yang tinggi, bahwa tidak ada seorangpun dan tidak ada satu bangsapun di dunia ini yang sempurna. Masing-masing kita harus saling siap menasehati, berani mengkritik dan berani dikritik guna mewujudkan tatanan kehidupan yang baik dan benar yang diridhoi Allah Swt,” sebut Khatib.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1442 Hijriyah tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19, panitia menyiapkan Hand Sanitaizer dan Masker di pintu masuk Masjid. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!