Program TMMD Ke-111 Kodim 0904/Psr Resmi Ditutup

Amanat Pangdam VI/Mlw Dibacakan Letkol Czi Widya Wijanarko

DETAKKaltim.Com, PASER : TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-111 tahun 2021 dengan tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” digelar di Desa Kerang Dayo, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser, Provinsi Kaltim, resmi ditutup, Rabu (14/7/2021).

Dalam rilisnya yang diterima DETAKKaltim.Com, Dandim 0904/PSR Letkol Czi Widya Wijanarko yang membacakan amanat Pangdam VI/Mlw mengatakan, kegiatan pra-TMMD sendiri telah dimulai sejak 24 Mei sampai 14 Juni 2021. Sedangkan pelaksanaan TMMD Ke-111 dilaksanakan pada 15 Juni sampai14 Juli 2021.

”Seperti kita ketahui bersama bahwa program TNI Manunggal Membangun Desa Ke-111 Tahun Anggaran 2021 yang diselenggarakan selama 30 hari ini, merupakan Operasi Bakti TNI. Kegiatan ini dilaksanakan secara lintas sektoral dengan melibatkan Pemda, Polri, dan Instansi terkait lainnya serta masyarakat setempat,” kata Pangdam VI/Mulawarman (Mlw) Mayjen TNI Heri Wiranto dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Dandim 0904/PSR Letkol Czi Widya Wijanarko.

Pangdam juga mengatakan, TNI Manunggal Membangun Desa diselenggarakan untuk membantu Pemerintah Daerah guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, dalam membangun infrastruktur serta membuka daerah yang terisolir, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam rangka tetap terpeliharanya Kemanunggalan TNI-Rakyat.

“Pelaksanaan TMMD kali ini yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0904/ Paser, Kodim 0911/Nunukan, Kodim 1009/Tanah Laut, dan Kodim 1010/Tapin mengambil tema TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri,” kata Pangdam.

BERITA TERKAIT :

Tema ini, masih kata Pangdam, sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk memberikan kesempatan membantu daerah-daerah, yang belum tersentuh pembangunan secara merata, sekaligus sebagai momentum untuk menggelorakan kembali semangat gotong-royong.

“Berdasarkan hasil evaluasi, saya menilai bahwa penyelenggaraan TMMD kali ini dapat berjalan dengan lancar, tertib, dan aman dengan hasil yang sangat baik dan menggembirakan,” sebut Pangdam.

Pada kegiatan TMMD Ke-111 ini melibatkan 4 Satgas TMMD di 4 wilayah dengan didukung oleh Dinas Pemda setempat, diantaranya Dinas Kesehatan, Pertanian, BKKBN, Sosial, Pekerjaan Umum, Kejaksaan dan Kepolisian.

Adapun pencapaian sasaran pembangunan fisik telah mencapai 100%. Sedangkan untuk sasaran kegiatan non fisik, Satgas TMMD yang bersinergi dengan dinas terkait telah melaksanakan penyuluhan antara lain tentang KB/Kesehatan, Buta Aksara, Stunting (kurang gizi), Posyandu dan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM), Hukum dan Pertanian.

Pelibatan TNI dalam program pemerintah pada dasarnya telah sesuai dengan amanat dalam UU TNI Nomor 34 tahun 2004, khususnya tentang tugas TNI pada OMSP yaitu memberdayakan wilayah pertahanan secara dini sesuai dengan Sistem Pertahanan Semesta, dan membantu tugas pemerintah di daerah khususnya dalam aspek pembangunan kualitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Oleh karena itu, Kodam VI/ Mulawarman berkomitmen untuk turut ambil bagian dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyat, dan mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat sebagai kekuatan pertahanan,” tegas Pangdam.

Selanjutnya, untuk lebih mempererat hubungan silaturrahmi dan kekeluargaan antara TNI dengan rakyat, maka para anggota Satgas TMMD diwajibkan tidur di rumah dan makan bersama masyarakat.

Berkenaan dengan telah selesainya pelaksanaan TMMD Ke-111 TA 2021, atas nama keluarga besar TNI mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada semua pihak yang telah bekerja sama dan membantu pelaksanaan TMMD Ke-111 TA 2021, sehingga dapat berjalan tertib dan lancar sesuai tujuan yang diharapkan.

“Mewakili seluruh prajurit dan pribadi, saya mohon maaf apabila selama pelaksanaan TMMD berlangsung ada prajurit yang melakukan tindakan kurang berkenan. Kepada segenap prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD Ke-111 agar segera kembali ke induk pasukan masing-masing, perhatikan faktor keamanan personel dan materil selama pelaksanaan kegiatan Serpas, dan patuhi Protokol Kesehatan selama dalam perjalanan kembali ke satuan/home base masing-masing.” tandas Pangdam. (DETAKKaltim.Com)

Sumber : Rilis Dim 0904/Paser

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!