Melawat ke Utara, Gubernur Kaltim Tinjau Peternakan BUMK SJA Labanan

Isran : Belum Ada Saya Ketemu Kampung Yang Seperti Ini

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dalam kunjungan kerja ke wilayah utara, Gubernur Kaltim Isran Noor dan dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi meninjau Peternakan Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) yang berada di Kampung Labanan Makarti, Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau, Jum’at (25/6/2021).

Dalam sambutannya, Isran Noor mengaku bangga dengan keberhasilan BUMK Surya Jaya Abadi yang sudah bisa menghasilkan pendapatan kampung, dari usaha Peternakan Ayam Petelur dan Pembuatan Pakan Ayam.

“Sudah bagus ini, belum ada saya ketemu kampung yang seperti ini. Jadi kita syukuri saja dengan pencapaian ini dan jangan mengeluh, tingkatkan terus kinerja BUMK,” ujar Isran kepada awak media DETAKKaltim.Com.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin menjelaskan, jika nantinya Petani sekitarlah yang akan menjadi suplayer kebutuhan Pakan Ayam.

“Jadi secara tidak langsung akan melibatkan masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan pakan. 500 Kg Dedak per bulan untuk 1.000 ekor, dan 1.500 Kg Jagung per bulan untuk 1.000 ekor. Selain itu warga bermitra BUMK diharapkan memiliki produksi Telur skala rumah tangga, untuk dijual kepada BUMK guna memenuhi kebutuhan pasar,” ujar Syirajudin.

BERITA TERKAIT :

Syirajudin juga menjelaskan, BUMK sebagai pusat pembelajaran warga untuk membangun kerja sama di Bidang Peternakan, dan diharapkan bisa menjadi tempat wisata edukasi di Bidang Peternakan.

“Yang jelas harapannya BUMK bisa menciptakan roda perekonomian di kampung, yaitu menjadi pengelola hasil panen Petani, menjamin stok Pakan Peternakan, dan bisa menyerap warga sebagai tenaga kerja,” lanjutnya.

Sebelum melanjutkan perjalanan ke tujuan selanjutnya, Isran dan Hadi didampingi Syirajudin juga menyempatkan memanen Telur secara langsung dari Kandang Ayam Petelur BUMK Surya Jaya Abadi. (DK.Com).

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!