Melawat ke Utara, Gubernur Kaltim Resmikan Pranaraksa Center

Isran : Supaya Buah Itu Terus Ada dan Tidak Punah

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Melalui Program Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara (Pranaraksa) Center, 2 perusahaan raksasa PT Pama Persada Nusantara dan PT Kaltim Prima Coal (KPC) berkolaborasi untuk melestarikan lingkungan.

Program ini mendapat dukungan penuh dari Pemkab Kutim dan Pemprov Kaltim, oleh karena itu Gubernur Isran Noor didampingi Wagub Kaltim Hadi Mulyadi, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wabup Kutim Kasmidi Bulang, dan jajaran manajemen PT PAMA dan KPC, melakukan peresmian Pranaraksa Center yang terletak di Jalan Bengkirai, RT 05, Kampung Proklim, Dusun II Kabo Jaya, Desa Swarga, dengan penanaman bibit pohon di lokasi tersebut.

“Sebenarnya banyak buah lokal dari Kutim, harapannya sebagai upaya penyelamatan terhadap buah langka ini, supaya buah itu terus ada dan tidak punah. Karena untuk saat ini seperti Buah Ihau, Rambai, Gembong, dan Keledang sudah sangat jarang sekali dijumpai,” ucap Isran Noor kepada awak media DETAKKaltim.Com dalam lawatannya ke utara Kaltim di Sanggatta, Kamis (24/6/2021).

BERITA TERKAIT :

Selain itu, melalui program Pranaraksa diharap bisa mendongkrak pelestarian lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat, penghijauan lahan di area perusahaan, perlindungan keanekaragaman hayati, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar.

“Kita memang harus mendukung Program Pranaraksa ini dengan pengumpulan bibit buah langka Kalimantan, yang selanjutnya nanti ditanam di sini. Agar buah tersebut tetap bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti,” kata Ardiansyah Sulaiman, Bupati Kutim.

Diharapkan program tersebut dapat menjadi pusat pengenalan dan pembelajaran, kepada seluruh masyarakat yang ingin mengetahui lebih jauh tentang buah-buahan asli Indonesia, yang saat ini sudah mulai langka keberadaannya. (DK.Com).

Penulis : Setyo Wahyu aditya

Editor : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!