Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum, Wakajati Minta Melek Hukum

Bambang : Diharapkan Melahirkan Pelajar Sadar Hukum

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Wakil Kepala Kejaksaan Kalimantan Timur Bambang Bachtiar  membuka acara Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum, jenjang SMA/SMK/SLB/SKh/MA Negeri/ Swasta Tingkat Kabupaten/Kota se-Kutim, di Aula SMAN 2 Sangatta Utara, Kutai Timur (Kutim), Selasa (22/6/2021).

Bambang bersyukur kegiatan Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum yang dilangsungkan kali ini, diapresiasi dan bersinergi bersama lintas instansi.

“Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara Kejati Kaltim dengan Pemda Provinsi Kaltim melalui Disdikbud,” sebut Bambang.

Ia juga mengatakan, dengan dilaksanakannya pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum diharapkan bisa melahirkan generasi yang melek akan hukum. Apalagi jaman sekarang generasi muda gampang melihat informasi dari media sosial, dan bisa membawa pengaruh buruk jika tak pandai memilah informasi.

“Di samping memiliki dampak positif, ternyata juga memiliki dampak yang negatif khususnya kepada generasi muda. Karena banyak remaja atau pelajar yang menjadi korban kejahatan,” jelas Bambang saat diwawancarai awak media DETAKKaltim.Com.

Lebih miris lagi tak hanya menjadi korban, tak jarang dari pemberitaan serta kabar di media sosial, generasi muda malah menjadi pelaku kejahatan.

“Bahkan lebih ironi lagi bukan hanya menjadi korban, akan tetapi banyak juga kaum remaja atau pelajar bahkan yang menjadi pelaku kejahatan,” ujar Bambang lebih lanjut.

Baca juga : 

Dia menegaskan, pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa harus diselamatkan dengan memberikan pemahaman hukum, melalui pembinaan atau pembentukan pelajar sadar hukum yang secara tidak langsung akan membentuk karakter para pelajar.

“Terkait hukum yakni kejujuran, tanggung jawab, disiplin, toleransi, dan peduli pada lingkungan dan sosial. Serta dapat bertindak lebih bijak, dengan mematuhi ketentuan yang berlaku,” tuturnya.

Dia mengatakan, kegiatan Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat SMA se-Kaltim tahun 2021 ini diharapkan dapat melahirkan pelajar-pelajar sadar hukum, yang dapat menjadi agen perubahan di tengah masyarakat, khususnya di lingkungan sekolah masing-masing.

“Serta dapat menularkan hal-hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga ketertiban dan ketentraman umum dapat terpelihara di tengah kehidupan masyarakat.” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : RH

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!