Anggota DPRD Kaltim Dukung Pembentukan Universitas Islam Penajam

Ely : Universitas Ini Sangat Penting

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Komisi 4 DPRD Kaltim melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait permohonan surat rekomendasi rencana pembentukan Universitas Islam Penajam (UIP), di ruang rapat DPRD Kaltim Gedung E, Lantai 1, Senin (7/6/2021).

Wakil Ketua Komisi 4 DPRD Kaltim Ely Hartati Rasyid mengatakan, Komisi 4 sangat setuju dengan pembentukan Universitas Islam Penajam di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Adanya rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kabupaten PPU, maka pembentukan Universitas ini tentunya sangat berguna untuk menghasilkan kualitas muda mudi yang berkompeten dalam dunia pendidikan.

“Dengan adanya pembentukan IKN di sana nanti, Universitas ini sangat berguna. Dengan banyaknya fasilitas pendidikan, tentunya akan menghasilkan kualitas pendidikan yang baik terhadap masyarakatnya,” ucap Ely saat ditemui seusai rapat.

Ely juga menjelaskan, pendidikan tentunya berdampak kepada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada, agar dapat bersaing di dunia yang berkompeten serta dapat menaikkan ekonomi masyarakat.

“Universitas ini sangat penting untuk pembentukan SDM yang bagus di masyarakat, apalagi di Penajam sendiri banyak warganya yang berhenti di pendidikan SMA saja. Jadi Universitas Negeri yang akan di bangun ini sangat penting, bahkan sudah disiapkan beberapa Prodi unggulan juga,” jelasnya.

Tambahnya, Universitas Islam yang akan dibangun ini merupakan Kampus Pertama di Kabupaten Penajam.

“Mudah-mudahan kampus ini segera terwujud, karena perencanaan ini juga langsung dikawal oleh Ketua DPRD Kabupaten Penajam sendiri,” tandas legislatif dari Fraksi PDI Perjuangan itu.

Baca juga :

Baca juga:  Komisi 3 DPRD Bontang Panggil Perusahaan IMM

Sehubungan dengan itu, Pembina Yayasan Penajam Hasanudin Hakam menerangkan bahwa adanya Pemindahan IKN di Kaltim, maka juga perlu memberikan pusat pendidikan di daerah tersebut.

“IKN ini mau dibangun tentu perlu pusat pendidikan, yayasan yang akan dibangun ini diberi nama Yayasan Pendidikan Islam Penajam. Kenapa saya beri nama begitu, karena saya ingin nama Penajam abadi seperti ITB dan lain-lain,” ungkapnya.

Lanjutnya, Prodi yang diberikan bukan hanya terkait Pendidikan Islam, tetapi ada juga beberapa Prodi umum unggulan.

“Prodinya tidak hanya Pendidikan Islam, tapi juga ada Prodi Umum seperti Pendidikan Komputer, Sistem Informatika, Penyulat Pertanian, Administrasi Kesehatan, dan Biologi. Bahkan penempatanpun sudah kami tetapkan, karena ada hadiah tanah 2 hektar yang diberikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Penajam.” tutup Hasanuddin. (DK.Com)

Penulis : Nina

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!