Yuk Nyicipin Nikmatnya Sambal Gami Mamah Alif

SOHIB JELAJAHKuliner DETAKKaltim.Com, kali ini Tim JELAJAHKuliner DETAKKaltim.Com pengen ngajak merasai menu lokal yang menjadi buah bibir dalam beberapa tahun terakhir ini. Dia punya cita rasa yang bisa membuat ketagihan, Sambal Gami.

Gami atau Sambal adalah sebutan kuliner khas dari Kota Bontang, Kalimantan Timur, yang banyak disajikan di restoran atau rumah makan di kota tersebut. Bagi warga Samarinda yang penasaran akan rasa sambal Gami tak perlu jauh-jauh ke Bontang. Sebab di Samarinda ada Sambal Gami yang populer yaitu Sambal Gami Mamah Alif.

Gusti Ormansyah bersama Mahrita istrinya, memulai usaha ini dengan ketidak sengajaan, hingga kini telah memiliki 4 outlet yang ada di Samarinda.

“Jalan usaha 2016 masih online sesuai request. Jadi awal jualan hanya sanggup menjual Maximal 20 porsi untuk omsetnya Rp200 Ribu hingga Rp500 Ribu per hari. Jadi order hari ini masuk list, besok baru dibuatkan dan diantar ke costumer. Dan 2017 punya lapak pertama di depan Bumi Sempaja, bukanya dulu setiap sore,” kata Gusti pemilik sambal Gami mamah Alif.

Sambal Gami Mamah Alif kini telah memiliki 4 oultet di Samarinda, masing-masing di Jalan APT Pranoto Samarinda Seberang, Jalan Manggis, Jalan Rambai, dan Jalan Gerilya.

“Sebenarnya 2016 status saya karyawan swasta di Samarinda Seberang. Tahun 2007, waktu kerja itu punya partner 1 shift. Nah ketika makan siang teman saya selalu bawa bekal Sambal Gami, pas disuruh nyicip wah enak. Karena sering bawa saya diajarin. Lalu saya bikin di rumah ternyata pada suka. Suatu hari Mamah Alif kerja saya tawarin, mau makan Gami nggak siang-siang? jadi pas saya kerja saya mampirin di kerjaannya. Rupanya waktu di kantornya pada nyicipin, ternyata pada suka akhirnya malah ada yang mau beli,” jelas Gusti.

Dulu memulai usaha hanya memiliki varian Gami Telur, dan seiring berjalannya waktu banyak costumer yang request mau Gami Ayam, Gami Cumi, Gami Patin dan lainnya yang jadi menu best seller. Sehingga dari situ Sambal Gami Mamah Alif memiliki banyak varian.

“Samarinda ini peluang bisnisnya cukup luas, Sambal Gami di Samarinda masih langka. Apalagi orang Samarinda belum semua tahu, apa itu Sambal Gami,” ungkapnya kepada Tim JELAJAHKuliner DETAKKaltim.Com beberapa waktu lalu.

Investasi awal memulai usaha, jelas Gusti, hanya bermodalkan membeli Cobek dengan harga Rp100 Ribu, dan untuk bahannya kurang lebih Rp500 Ribu. 2018 hingga 2019 bisa meraup omset Rp4 hingga Rp5 Juta per hari. Namun, menurun sekitar 80 persen masa pandemi. Tetapi 2021 sudah mulai ada peningkatan, dalam sehari bisa mendapatkan omset Rp1,5 per hari, untuk perbulan Rp70 hingga Rp80 Juta.

Harga Sambal Gami dimulai dari Rp18 Ribu hingga Rp45 Ribu. Dan ada tingkat kepedasan berbeda, pedas 20 Lombok, pedas sedang 8 Lombok, pedas sedikit 2 Lombok, dan tidak pedas tidak memakai Lombok.

“Rencananya planing buka di luar pulau, namun adanya pandemi ini sedikit tertunda. Sambal Gami ini kan makanan yang dine in atau harus ada di tempat. Kami juga rencananya akan hunting tempat ke Balikpapan.” tuturnya. 

Gustin juga mengungkapkan, kalau ada yang mau mitra dengan Sambal Gami Mamah Alif, nanti akan dikirim sambelnya saja. Ada juga sambal kemasan botol, jadi yang mau Sambal Gami untuk di rumah bisa order ini. Harga Rp30 Ribu per botol, dan boleh memilih level kepedasan.

Gimana sohib JELAJAHKuliner DETAKKaltim.Com, pengen nyoba? Yuk buruan deh ke sana. Gongli alias GOYANG-GOYANG LIDAHNYA, nikmati sensasi rasanya, temukan kepuasannya. (DK.Com)

Penulis : Nta

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!