DPRD Kaltim Harap Pembangunan IKN Libatkan Perguruan Tinggi

Sigit : Mendorong Pentingnya Keterlibatan Perguruan Tinggi

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kaltim masih jadi perbincangan hangat. Di sisi lain, pemindahan tersebut diharapkan mampu melibatkan berbagai pihak. Salah satunya adalah Perguruan Tinggi, dalam hal pembangunan IKN.

Disampaikan Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo, bahwa ia akan mendorong pemerintah agar melibatkan Perguruan Tinggi di Kaltim dalam pembangunan IKN.

Mengenai hal tersebut, Sigit menyebut akan melakukan koordinasi dan merekomendasikan keterlibatan sejumlah Perguruan Tinggi ke pemerintah.

“Ini menjadi topik menarik dalam perencanaan nasional baik dari sudut ekonomi, infrastruktur, hingga Sumber Daya Manusia (SDM),” ungkap Sigit kepada DETAKKaltim.Com beberapa hari lalu.

Lanjut Sigit menyampaikan, DPRD Kaltim begitu intens menyikapi persiapan Kaltim untuk menghadai pembangunan IKN. Beberapa waktu silam, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Bappenas sudah menyambangi dan meninjau lokasi pembangunan IKN.

Peletakan batu pertamapun kabarnya akan segera dilakukan dalam waktu dekat. Menurut Sigit, perlu ada perencanaan yang matang dan pasti sehingga keterlibatan Perguruan Tinggi di Kaltim, bisa membantu pembangunan IKN nanti. Pihaknya akan fokus mengawal perencanaan hingga tahapan, demi membangun SDM daerah yang unggul.

Di sisi lain, kurangnya peningkatan kualitas masyarakat lokal juga membuatnya khawatir. Sebab berpotensi menyebabkan kegagalan dalam hal bersaing antar warga lokal, dan pendatang.

Sehingga masalah demikian bisa saja menimbulkan konflik sosial. Itulah mengapa, pembangunan SDM di Kaltim diharapkan mampu sebagai prioritas terkait pembangunan IKN.

“Salah satunya, adalah mendorong pentingnya keterlibatan Perguruan Tinggi di Kaltim untuk terlibat langsung dalam proses pembangunan IKN.” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : Adt

Editor   : Lukman

Baca juga:  PWI dan Kemenkumham Diskusikan Regulasi Konvergensi Media

Leave A Reply

Your email address will not be published.