Putus Penyebaran Covid-19, Satgas Samarinda Kota Sambangi Keramaian

Anis :  Kami Tim Satgas Covid Hanya Bisa Menghimbau

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Satgas gabungan penanganan Covid-19 dari Kecamatan Samarinda Kota bersama TNI, Polri, serta sejumlah relawan gabungan menggelar Operasi Yustisi Protokol-Covid 19 di beberapa titik keramaian, seperti tempat perbelanjaan dan cafe di Kota Samarinda, Sabtu (17/4/2021) malam.

Operasi tersebut menyasar tempat keramaian yang menjadi tempat berkumpulnya banyak orang, seperti salah satu cafe di Jalan Kartini dan kawasan Citra Niaga Samarinda, ratusan pengunjung yang datang tidak khawatir dengan pelanggaran Prokes yang dilakukan meski wabah Covid-19 masih bertambah di Samarinda.

Camat Samarinda Kota Anis Siswantini mengatakan, jika pihaknya akan terus menghimbau masyarakat untuk terus patuh dengan Protokol Kesehatan yang ada, apalagi saat melakukan kegiatan tersebut, ia banyak menjumpai pengunjung tidak menjaga jarak yang membuatnya geram.

“Kami tim Satgas Gabungan Covid-19 tidak henti-hentinya menghimbau kepada masyarakat agar terus mematuhi Prokes, dari semua tempat yang kami datangi tadi memang sudah hampir semua menggunakan Masker. Tapi untuk menjaga jarak memang sangat susah sekali diterapkan, ini memang perlu kesadaran dari masyarakat sendiri,” ucap Anis kepada DETAKKaltim.Com.

Disinggung mengenai pemberian sanksi atau denda bagi pengunjung yang melanggar, Anis menyebutkan jika Tim Satgas Covid-19 hanya bisa menghimbau masyarakat bukan untuk menegakkan Perda.

“Kami tim Satgas Covid hanya bisa menghimbau dan menghimbau, jadi untuk penindakan memang sudah ada tim tersendiri. Untuk itu kami tidak akan lelah mengingatkan masyarakat untuk selalu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” lanjutnya.

Wakapolsek Samarinda Kota AKP Tawang P menjelaskan, kegiatan ini rutin dilaksanakan terutama saat menjelang akhir pekan. Dimana warga ramai berkumpul di suatu tempat, untuk menghabiskan waktu.

“Kami terus berupaya agar warga taat pada Prokes, meskipun ini tidaklah mudah. Harus dengan kesabaran dan sedikit dorongan agar warga sadar betapa pentingnya menjaga kesehatannya,” kata AKP Tawang.

Baca juga:  Aditya dan Deky, Dua Terduga Penyuap Bupati Kutim Segera Diadili

Lanjut Tawang, jika warga masih banyak yang menganggap remeh Covid-19, walaupun korban masih saja bertambah. Untuk itu pihaknya akan selalu mendukung kegiatan seperti ini.

“Kami dari Kepolisian selalu mendukung kegiatan seperti ini, sebab tugas utama kami adalah membina masyarakat, untuk itu kami minta kesadaran dari masyarakat itu sendiri.” tandas Tawang. (DK.Com).

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.