Jumlah Peziarah ke TPU Muslimin Abul Hasan Turun Akibat Covid-19

Penjual Bunga dan Juru Pakir Mengeluh, Titin : Masih Sedikit Peziarah

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Masa pandemi Covid-19 membuat penjual Bunga dan juru parkir di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muslimin Jalan Abul Hasan, Kelurahan Pasar Pagi, Samarinda, Kaltim, ikut merasakan dampak. Pendapatan turun drastis, akibat perekonomian tidak stabil.

Salah seorang penjual Bunga yang mengaku sudah berjualan selama 10 tahun di tempat itu  mengatakan, biasanya peziarah mulai ramai berjualan bunga sekitar 10 hari menjelang bulan puasa. Namun kini dagangan mereka tidak selaris manis, seperti sebelum pandemi Covid-19.

“Orang yang berziarah tak seramai dulu, biasanya 10 hari sebelum puasa sudah penuh dengan peziarah. Kalau sekarang masih sepi, saya sendiri juga tidak terlalu mengambil banyak Bunga, takutnya busuk tidak bisa dijual karena saya juga beli dari orang, dan saya jual kembali,” kata Titin kepada DETAKKaltim.Com, beberapa hari lalu.

Kondisi yang sama juga dirasakan Edi, sebagai juru parkir yang biasa memarkirkan kendaraan peziarah. Menurutnya, biasanya kendaraan peziarah sudah memadati areal parkir TPU 10 hari sebelum bulan puasa.

“Sampai sekarang masih sedikit peziarah, bahkan dulu saat ramai tukang parkirnya juga banyak. Tapi sekarang hanya saya saja karena memang masih sepi, biasanya dari pagi sampai sore peziarah akan terus berdatangan. Tapi tahun kemarin dan tahun ini berbeda,” ungkap Edi.

Edi berharap agar pandemi bisa segera berakhir dan kondisi perekonomian bisa stabil kembali, sehingga ia bisa mendapat penghasilan seperti dulu sebelum pandemi.

“Ya semoga cepat selesai kondisi seperti ini, saya dan orang-orang di sini sangat merasakan dampak yang luar biasa bagi perekonomian keluarga.” tandas Edi. (DK.Com)

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

Baca juga:  Laskar Borneo Nusantara Potong Hewan Qurban 7 Ekor

Leave A Reply

Your email address will not be published.