Nilai SKM Lebih Bersih, Ini Sebabnya Kata Warga

Komunitas GMMS Berharap Pemerintah Edukasi Masyarakat

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Hampir 2 bulan lamanya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda memasang jaring penangkap sampah di beberapa Jembatan yang ada di Samarinda, salah satunya berada di Jalan Dr Sutomo di atas Jembatan Gang Nibung.

Salah satu warga yang rumahnya berada di sekitar jaring itu dipasang mengatakan, jika pemasangan jaring tersebut dinilai efektif untuk mengurangi sampah yang berserakan di Sungai. Ia sangat setuju jika pemasangan jaring tersebut dilakukan. Menurutnya, setelah dipasang jaring tersebut kawasan Sungai Karang Mumus (SKM) terlihat lebih bersih.

” Ya kurang lebih sekitar 2 bulan jaring itu dipasang, dan memang setelah dipasang bermanfaat sekali. Karena sampah yang biasanya berhamburan bisa tersaring di situ, dan biasanya setelah jaring itu penuh nanti akan ada petugas yang mengambil sampah-sampah tersebut,” ujar Giran, warga RT 27, Kelurahan Sidodadi, kepada DETAKKaltim.Com, Senin (5/3/2021).

Senada dengan Giran, Komunitas GMMS (Gerakan Memungut Sehelai Sampah) SKM (Sungai Karang Mumus) menyambut niat baik pemasangan jaring di beberapa titik tersebut, hal ini dinilai salah satu cara agar sampah di Sungai bisa lebih dikelola.

“Komunitas kami selalu mendukung program pemerintah untuk mengatasi permasalah sampah di Sungai Karang Mumus, namun alangkah baiknya jika sembari mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah ke Sungai. Kita sebagai masyarakat harus saling mendukung, agar permasalahan sampah ini bisa teratasi,” ucap Bahtiar.

Dengan adanya jaring penangkap sampah ini, diharapkan dapat menjadi pengingat bagi masyarakat Samarinda agar mengubah kebiasaan membuang sampah ke Sungai, namun membuang sampah langsung ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang ada di sekitar tempat tinggalnya. (DK.Com)

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

Baca juga:  Danrem 091/ASN Tinjau Posko Covid-19 Wilayah Kodim 0908/Btg

Leave A Reply

Your email address will not be published.