Kelompok Tani Binaan KPHP Kendilo Panen Perdana Sereh Wangi

Kadis Kehutanan Kaltim Apresiasi Kerja Nyata KPHP Kendilo

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Kendilo dan Kelompok Tani Hutan (KTH) melakukan panen perdana Sereh Wangi di Desa Saing Prupuk, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser, Kamis (1/4/2021).

Selain melakukan panen Sereh Wangi, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim Amrullah yang didampingi Kepala KPHP Kendilo juga melakukan Peresmian Rumah Produksi Minyak Atsiri, yang berlokasi di Areal Agro Forestry Sereh Wangi KTH Aper.

Kegiatan tersebut diawali dengan panen bersama yang dihadiri langsung Kepala Dinas Kehutanan, Kepala KPHP Kendilo, Kepala BPHP Wilayah XI Samarinda, Kapolsek Batu Engau. Usai panen, acara kemudian dilanjutkan dengan penananam bibit buah-buahan unggul berupa Jambu kristal dan Jambu Air Madu Deli.

Amrullah mengatakan, Sereh Wangi dipanen di atas lahan 10 hektar oleh Kelompok Tani Hutan Aper Sejahtera yang merupakan binaan KPHP Kendilo. Menurut Amrullah, agar hasil panen bisa langsung diproduksi pihaknya langsung membangun Rumah Tungku penyulingan, untuk memproduksi Sereh Wangi menjadi Minyak Atsiri.

“Kita juga telah membangun Rumah Tungku Penyulingan untuk memproduksi Sereh Wangi menjadi Minyak Atsiri, sehingga hasil panen kelompok tani bisa langsung diproduksi,” ujar Amrullah saat dihubungi DETAKKaltim.Com, Selasa (6/4/2021).

Lebih lanjut mantan Kadis ESDM itu mengatakan, ia memberikan apresiasi atas kerja nyata yang dilakukan oleh KPHP Kendilo dalam mendampingi dan memfasilitasi kegiatan pengembangan usaha KTH, khususnya usaha produk Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) di wilayah KPHP Kendilo.

Iapun berharap momen ini menjadi langkah baru, serta semangat baru bagi Kelompok Tani Hutan Aper Sejahtera, untuk terus semangat mengembangkan Hasil Hutan Bukan Kayu berupa tanaman Sereh Wangi, menjadi Minyak Atsiri yang bernilai ekonomis.

Baca juga:  Kebakaran Hutan Minim, Obsesi Amrullah Jelang Pensiun

“Saya mengapresiasi atas kerja nyata yang dilakukan oleh KPHP Kendilo dalam mendampingi dan memfasilitasi kegiatan pengembangan usaha KTH, ini sebagai langkah baru serta semangat baru bagi Kelompok Tani Hutan Aper Sejahtera, untuk terus mengembangkan hasil hutan bukan kayu berupa tanaman Sereh Wangi menjadi Minyak Atsiri yang bernilai ekonomis.” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis: Amin Gladis

Editor  : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.