Webinar Basarnas, Kantor SAR Balikpapan “Tularkan” Ilmu Publikasi Operasi

Octavianto : Kantor SAR Balikpapan Mendapat Kepercayaan

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Basarnas menggelar webinar seri 3 dan 4 tentang sistem publikasi operasi SAR secara nasional, dimana Kantor SAR Balikpapan mendapat kepercayaan untuk menyampaikan materi, Rabu (31/3/2021).

“Kantor SAR Balikpapan mendapat kepercayaan menyampaikan sistem publikasi Operasi SAR secara nasional di webinar, yang dilaksanakan Pusdatin Basarnas” kata Kasi Ops dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Balikpapan Octavianto beberapa saat sebelum kegiatan dimulai.

Disampaikan Octavianto, webinar hari ini merupakan hari Kedua dan diikuti lebih 200 peserta dari seluruh Indonesia. Dalam kesempatan itu ia menyampaikan bagaimana sistem publikas operasi SAR yang dilaksanakan di Kantor SAR Balikpapan sejak tahun 2012 hingga saat ini.

“Dari data-data yang kita laporkan hampir ribuan tayangan sudah kita naikkan, entah itu dari TV, cetak, maupun online, dan juga radio serta media lainnya,” ungkap Octavianto.

Melalui webinar ini ia berharap Pusdatin Basarnar memfasilitasi sistem publikasi operasi SAR Basarnas, yang menurutnya sangat mudah dilaksanakan hanya dengan menggunakan Handphone, dan jaringan-jaringan yang harus dilaksanakan.

“Tujuannya cuma satu, untuk mendapatkan kepercayaan kepada masyarakat bahwa tugas Basarnas itu melaksanakan tugas sebagaimana tugas dan fungsinya,” jelas Octavianto.

Selain itu, juga bagaimana melibatkan masyarakat meng-update data-data pelaksanaan kegiatan operasi SAR yang dilaksanakan dimanapun. Mengingat data-data ini sangat riskan apa bila tidak diakomodir dengan baik, sehingga bisa menjadi simpang siur.

“Agar tidak simpang siur dan terinci sesuai Undang-Undang Nomor 29 tahun 2014, Basarnas jadi leading sector untuk operasi SAR di seluruh wilayah Indonesia,” tandas Octavianto.(DK.Com)

Penulis : LVL

Baca juga:  Tinggalkan Kursi Kasdam VI/Mlw, Mayjen TNI Richard Tampubolon Duduki Kaskogabwilhan I

Leave A Reply

Your email address will not be published.