Ketua DPRD Bontang Sebut Refocusing Tidak Pengaruhi Program Kerja

Refocusing APBD Kota Bontang Rp210 Milyar

DETAKKaltim.Com, BONTANG : Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang Andi Faizal menyebutkan, total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021 yang dilakukan refocusing mencapai Rp210 Milyar. Recofusing itu merupakan amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

“Tidak ada (hambatan) aman saja,” terang Andi Faizal di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang saat menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Musrenbang RKPD)  , Selasa (30/3/2021).

Ditambahkan Ketua Komisi 2 DPRD Kota Bontang Rustam, bahwa refocusing anggaran pada tahun 2021 ini memang tidak mempengaruhi program atau rencana kerja. Pasalnya, anggaran senilai Rp210 Milyar tersebut dimasukkan sebagai dana pemulihan ekonomi akibat dampak dari Pandemi Covid-19.

“Dulu atau di tahun 2020 itu ada nomenklatur untuk penanganan bencana Covid-19, yakni Bantuan Tidak Terduga (BTT),” ungkap Rustam.

Untuk saat ini, kata Rustam lebih lanjut, tidak ada nomenklatur. Tapi setiap kegiatan yang tidak mengarah ke penanganan Covid-19, maka itu direcofusing. Sehingga tidak mengubah anggaran, namun diambil dari program lain alias saling menutupi.

“Jadi itu saja saling menutupi,” pungkas politisi Partai Golkar ini. (DK.Com)

Penulis : Cinhue

Editor   : Lukman

Baca juga:  Dua OPD Tidak Hadiri Undangan Raker, Anggota DPRD Bontang Kesal

Leave A Reply

Your email address will not be published.