Meski Terganjal Moratorium, Samri Optimis DOB Samarendah Baru Terealisasi

Samri : Saya Optimis 5 Sampai 7 Tahun ke Depan

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Meski di tengah pandemi Covid-19 dan moratorium pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB), namun usaha pemekaran Samarinda Seberang menjadi Daerah Otonomi Baru tetap akan diteruskan dan diperjuangkan hingga berbentuk.

Hal ini seperti yang diakui Samri Shaputra, anggota Komisi 3 DPRD Kota Samarinda yang berasal dari Dapil Samarinda Seberang, Palaran, dan Loa Janan Ilir, Kamis (25/3/2021).

“Sekarang statusnya kita tingkatkan yang tadinya rencana Kabupaten ditingkatkan  menjadi Kota, karena menurut kami Kabupaten itu syaratnya agak berat, memerlukan 5 Kecamatan, sedangkan syarat pembentukkan Kota hanya butuh 4 Kecamatan, “ ujar Samri.

Terlebih Samarinda Seberang itu, kata dia lebih lanjut, wilayahnya termasuk daerah Kota. Karena kalau Kabupaten, biasanya tentang Desa bukan Kelurahan, seperti halnya Kota.

“Itu salah satu dasar pemikiran sehingga kita merubah, atau meningkatkan statusnya dari Kabupaten menjadi Kota,“ bebernya kepada DETAKKaltim.Com.

Ia juga menegaskan, perjuangan untuk membentuk DOB masih berlanjut. Baru-baru ini Dewan Presidium menyampaikan berkas pendahuluan melalui anggota DPD RI Dapil Kalimantan Timur, yaitu Haji Muhammad Idris yang sekarang menjadi anggota Komite 1 yang membidangi masalah Otonomi Daerah.

“Sekarang ini masa-masa perjuangan, bukan berarti hari ini bekerja, kemudian besok sudah terbentuk. Pembentukan DOB membutuhkan waktu yang panjang, saat ini memulai dulu, mungkin 5 sampai 10 tahun baru terbentuk, artinya jika menunggu moratorium dibuka baru bergerak, maka akan kehilangan waktu,” jelas Samri, Wakil Bendahara Dewan Presedium DOB Samarendah.

Menurutnya, masa-masa moratorium ini dapat dimanfaatkan, menjadi kesempatan untuk mempersiapkan DOB hingga moratorium dicabut dan pandemi sudah berlalu.

“Seperti Provinsi Kaltara pembentukannya membutuhkan waktu kurang lebih 12 tahun. Saya optimis 5 sampai 7 tahun ke depan, DOB Kota Samarendah Baru sudah bisa terealisasi,” pungkas Samri. (DK.Com)

Penulis : @my

Editor   : Lukman

Baca juga:  Sidang Tipikor APBDes Sidomulyo Kukar, Kades Sebut Siap Bertanggung Jawab

Leave A Reply

Your email address will not be published.