Pansus PKK DPRD Kaltim Mulai Lakukan Persiapan Awal

Ely : Banyak Hal Yang Harus Dipersiapkan

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penyelenggaraan Ketahanan Keluarga (PKK) telah dibentuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim. Diketuai Ely Hartati Rasyid, Pansus akan mulai bekerja dengan beberapa persiapan. Salah satu contohnya dengan memahami draf Raperda yang ada.

Dijelaskan Ely, Raperda PKK merupakan inisiatif yang diusulkan DPRD Kaltim untuk dibahas pada awal tahun 2021. Untuk persiapan, ia mengatakan Pansus akan mempersiapkan perangkat sekaligus pendalaman terhadap naskah akademik dan draf Raperda. Mengingat, Rancangan Undang-Undang (RUU) Ketahanan Keluarga tidak jadi disahkan.

Ely juga menerangkan jika dalam waktu dekat ini Pansus juga akan langsung bekerja, dikarenakan menurutnya acuan dari Raperda tersebut sudah jelas. Dalam pembahasannya nanti, selain akan membandingkan Raperda tersebut dengan mempelajari Perda-Perda yang ada di daerah lain, pihaknya juga akan mempersiapkan Focus Group Discussion dengan mengundang berbagai elemen masyarakat maupun Organisasi Perangkat Daerah, khusus membahas Ketahanan Keluarga.

“Karena salah satu yang menjadi acuan adalah masukan masyarakat, yang nantinya akan memperkaya referensi penyusunan Perda,” ungkapnya ketika dikonfirmasi DETAKKaltim.Com, Senin (15/3/2021).

Oleh karenanya, Ely kembali menegaskan jika Pansus Raperda PKK DPRD Kaltim akan mempersiapkan, serta mendalami kebijakan serta persiapan-persiapan lainnya untuk merancang Raperda inisiatif DPRD Kaltim tersebut.

Baca juga : Pembangunan IKN Tertunda, Legislator Kaltim Sebut Hanya Rugikan Investor

“Banyak hal yang harus dipersiapkan dan didalami dalam mengambil langkah. Baik itu kebijakan, strategi, pelaksanaan, peran serta masyarakat, dan badan usaha, pendanaan, pengawasan dan lain-lain,” tegas politisi dari Fraksi PDIP ini.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK juga menjelaskan pentingnya Raperda PKK karena menurutnya, kehidupan berbangsa dimulai dari ketahanan keluarga. Iapun meminta agar semua pihak harus memberikan dukungan penuh terhadap raperda tersebut, terutama untuk kelancaran pengesahannya dari pihak eksekutif.

“Tertibnya suatu keamanan dan kehidupan berbangsa bernegara dari itu ketahanan keluarga. Kemudian yang menyangkut masalah penyusunan Perda, karena ini kita minta program ini betul-betul menjadi perhatian,” tandas Makmur. (DK.Com)

Penulis : Adt

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!