Pemekaran RT 39 Kelurahan Manggar Baru Sempat Diwarnai Ketegangan

Mencuat Persoalan Penentuan Tapal Batas

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Pemekaran RT 39 di Jalan Persatuan, Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan  Balikpapan Timur, Kaltim, dihadiri  warga dan tokoh masyarakat setempat, Jum’at (19/3/2021).

Lurah Manggar Baru Ahmad Mauluddin bersama Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Manggar Baru Nurlia didampingi Wakil LPM Ancu, dan Bhabinkamtibmas turut menghadiri jalannya penetapan tapal batas.

Situasi di lapangan sempat sedikit memanas dikarenakan warga Gunung Menangis RT 39, Jalan Persatuan, sudah tidak sabar agar pemekaran dan penetapan tapal batas segera ditetapkan.

Ketua RT 39 Ajeng mengatakan, ia sangat setuju jika pemekaran ini dilakukan. Bahkan jauh hari sebelum pemekaran ini, sudah disampaikan kepada pihak Kelurahan untuk disegerakan pemekaran di RT 39.

“Jangan ada asumsi bahwa Ketua RT 39 menghalang-halangi atau tidak menyetujui adanya pemekaran di wilayahnya,” kata Ajeng.

Terkait dengan penetapan tapal batas, Lurah Kelurahan Manggar Baru sempat memanggil RT 39 untuk menunjukkan peta wilayah. Karena ada sebagian warga yang tidak menyetujui dengan penetapan  tapal batas tersebut.

“Ada yang menginginkan  di Gunung Menangis, bukan di jalan (gang) bawah. Sehingga bergejolak warga, seakan-akan ketua RT mencoba menghalang-halangi dan mempengaruhi warga. itu tidak benar,” jelasnya.

Wakil Ketua LPM Manggar Baru Ancu memberikan penjelasan kepada warga setempat, bahwa pemekaran ini tidak selesai sampai di sini saja, masih ada proses-proses yang harus dilalui.

Baca juga : Buka dan Bertahan Masa Covid-19, Rasakan Gurihnya Ayam Chicken Racikan Bandy

“Pemekaran ini dilakukan untuk percepatan pembangunan yang merata, adanya gejolak di lapangan adalah hal yang biasa. Pro dan kontra itu biasa terjadi,” jelas Ancu kepada DETAKKaltim.Com.

Dengan adanya LPM di tengah masyarakat, kata Ancu lebih lanjut, fungsi dan tujuannya menjembatani segala permasalahan di lapangan terhadap warganya yang sedang dalam permasalahan. Selain itu, LPM juga hadir untuk mensejahterakan warganya melalui pembangunan lingkungan yang ada di Kelurahan masing- masing.

Baca juga:  Sasar Pasar Pagi, Korem 091/ASN dan Pemkot Samarinda Gelar Rapid Test

“Di situasi pandemi seperti sekarang ini, kita sebagai masyarakat. Khususnya Kelurahan Manggar Baru untuk saling bersinergi, bersama-sama membangun, menjaga dan menciptakan keharmonisan dalam tatanan berkehidupan. Jaga kesehatan dan selalu menggunakan Masker dimanapun dan kapanpun kita berada,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor  : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.