Ganggu Pejalan Kaki, PKL di Trotoar Ditertibkan Satpol PP Kutim

Didi : Seluruh PKL Yang Menempati Trotoar Akan Kita Tertibkan

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Dianggap mengganggu akses pejalan kaki, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menertibkan para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berdagang di trotoar dalam kota.

“Fungsi trotoar di antaranya diperuntukkan bagi pejalan kaki, sehingga penertiban PKL yang berdagang di trotoar harus dilakukan,” jelas Kepala Satpol PP Kutim, Didi Herdiansyah, Kamis (18/3/2021).

Penertiban tersebut di antaranya dilakukan di Jalan Poros Yos Sudarso, dan di sekitar Pasar Induk Sangatta.

“Intinya seluruh PKL yang menempati trotoar akan kita tertibkan,” ungkap Didi.

Menurutnya, penertiban tersebut dilakukan sosialisasi terlebih dahulu, kemudian jika PKL ada yang masih bandel, maka akan dilakukan tindakan tegas.

“Kepada mereka (PKL), kita tegaskan mulai hari ini tidak boleh menempati trotoar. Dan jika ada yang masih nekat, kita akan melakukan tindakan tegas, di antaranya mengangkut peralatanya,” tegas Didi.

Didi Herdiansyah menambahkan, operasi gabungan yang terdiri dari Satpol PP dan Dinas Perhubungan tersebut, bertujuan untuk menjaga ketertiban dan fungsi trotoar, karena banyak ditemukan pedagang yang menggunakan trotoar sebagai tempat berjualan.

“Sebelumnya kami sudah beberapa kali melakukan sosialisasi agar trotoar atau bahu jalan tidak difungsikan untuk berjualan, sehingga masyarakat bisa menggunakan trotoar sesuai dengan fungsinya yaitu buat pejalan kaki,” ujarnya.

Baca juga : Kades Long Bentuq Tuntut PT SAWA Realisasikan Kebun Plasma

Menurut Kasat Pol PP, penertiban tersebut mendapat dukungan dari masyarakat umum ketika penertiban itu dilakukan, karena di sepanjang jalan terkesan bersih, rapi dan tertib.

“Saya menghimbau kepada para pedagang agar berjualan di tempat-tempat yang sudah diperbolehkan, sehingga tidak mengganggu dan merugikan masyarakat lain atau pejalan kaki,” imbuhnya.

Selama penertiban berlangsung tidak ada gesekan yang terjadi antara petugas Satpol PP, dengan para pedagang maupun pemilik kendaraan yang parkir di trotoar.

Baca juga:  Demi Sembako Gratis, Warga Cuekin Ancaman Wabah Covid 19

“Untuk petugas mulai dari Satpol PP dan juga Dishub giat hari ini semua berjalan kondusif,” kata dia.

Dia berharap ke depan di lokasi tersebut tidak dipenuhi PKL lagi, sehingga trotoar bisa kembali pada fungsi semula yakni tempat penjalan kaki. (DK.Com)

Penulis : RH

Editor  : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.