Dinas Lingkungan Hidup Pangkas Jumlah TPS Dalam Kota Samarinda

Rama : Realisasi Program 100 Hari Kerja Wali Kota - Wakil Wali Kota

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pasca dilantik, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda menjalankan program 100 hari kerja, salah satunya adalah penutupan sejumlah Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang terletak di pinggir jalan besar sehingga  terlihat menyolok, yang membuat TPS-TPS tersebut dinilai perlu dikurangi.

Hal ini seperti yang diakui oleh Rama, Pengawas Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda, saat ditemui di lokasi TPS yang sedang dirobohkan, Selasa (16/3/2021).

“Sudah sosialisasi dengan warga, sudah pula disiapkan tempat TPS baru yakni di Jalan Rajawali Dalam. Di situ kemarin cuma ada 2  kontainer tempat sampah, kita  tambah jadi 5 kontainer, “ beber Rama.

Di wilayah Kecamatan Sungai Pinang ini, lanjut Rama, dari total 13 Tempat Pembuangan Sementara  yang ditutup, tinggal 5 TPS saja saat ini. Dimana TPS yang dipindahkan tersebut yakni dari TPS di jalan besar ke TPS yang agak menjorok ke dalam jalan, agar  Bak Sampah yang semrawut tersebut tidak terlihat dari jalan raya.

Saksikan : TAK BERKUTIK, 13 GEPENG DITANGKAP SATPOL PP SAMARINDA DI 2 TEMPAT

“Ini akibat warga membuang sampah di luar jam yang ditentukan, yakni dari jam 6 sore hingga jam 6 pagi. Karena meski sampah sudah diangkut, namun sampah di TPS tersebut akan tetap nampak menumpuk di siang hari,” jelasnya.

Untuk menjaga agar warga tidak membuang sampah sembarangan oleh karena TPS yang jauh, maka setiap RT akan ada petugas  lingkungan yang  berjaga. Seperti di Kelurahan Bandara, TPS yang  terletak di pinggir jalan besar yakni Jalan AM Sangaji dengan TPS dari tembok Keramik tersebut kemudian dirobohkan dan ditutup.

“Selanjutnya di lokasi TPS tersebut akan dibangun taman, agar warga tak bisa membuang sampah lagi di lokasi tersebut,” pungkas Rama. (DK.Com)

Penulis : @my

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!