2 Pohon Besar Tumbang di TPU Jalan Pramuka Samarinda

Ziarah Saat  Hujan, Ichwan : Harus Waspada

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dinas Pemadam Kebakaran serta relawan Kota Samarinda mengevakuasi 2 pohon besar di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jalan Pramuka 16, Kelurahan Gunung Kelua, yang tumbang dan menimpa belasan makam sehingga membuat makam tersebut mengalami kerusakan, Kamis (11/3/2021) sekitar Pukul 08:30 Wita.

Petugas makam yang saat kejadian berada di lokasi menjelaskan, saat itu ia tak dapat berbuat banyak lantaran besarnya pohon dan banyaknya ranting yang jatuh. Upaya pemotongan menggunakan alat manual tak bisa berjalan maksimal.

“Kejadian setelah hujan lebat mengguyur sekitar Pukul 14:00 Wita, saya kebetulan sedang bekerja membuat batur makam. Tiba-tiba mendengar suara retakan disusul robohnya dua pohon tepat di depan saya,” kata Badri kepada DETAKKaltim.Com.

Setelah menerima informasi tersebut, tim dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda segera menuju lokasi makam, dan langsung mengevakuasi pohon yang tumbang.

Baca juga : Hindari Kesan Kumuh, 6 TPS di Samarinda Utara Dipindahkan

“Kami menggunakan satu Mesin Pemotong dan Parang, kedua pohon ini lumayan besar, dan memang berusia tua. Dan saat roboh tercabut dari akarnya. Beberapa pohon besar masih kokoh berdiri di sekitar makam ini, namun tetap harus waspada. Jika hujan lebat disertai angin, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk ziarah untuk keselamatan,” kata Ichwan Wahyudin, anggota Damkar.

Evakuasi pohon tumbang berhasil dilakukan sekitar dua jam. Untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan terutama disaat hujan mengguyur, pihak Damkar mengimbau agar peziarah selalu waspada di saat berada di sekitar pohon besar. (DK.Com).

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.