Sorot Tambang Koridor, DPRD Kaltim Segera Bentuk Pansus Pertambangan

Hasanuddin : Supaya Kita Bisa Menelusuri Lebih Jauh

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Desas-desus pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Evaluasi Pertambangan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), kini sudah akan terbentuk. Ditargetkan paling lambat awal April 2021 mendatang.

Hal ini dilakukan guna pengawasan secara komprehensif dari adanya pertambangan di Kaltim, dimana dikabarkan untuk saat ini telah banyak terjadi pelaksanaan aktivitas penambangan ilegal.

Anggota Komisi 3 DPRD Kaltim Seno Aji mengatakan, sebenarnya pihaknya memang mendorong komisinya dalam menginisiasi Pansus Evaluasi Pertambangan ini, dan juga telah meminta Fraksi-Fraksi yang ada agar dapat menandatangani persetujuan pengusulannya.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada permohonan pengusulan pembentukan Pansus itu,” kata Seno yang saat ini masih menunggu pelantikan sebagai Wakil Ketua DPRD Kaltim.

Seno menyampaikan, pembentukan Pansus ini terutama agar penambangan legal dapat lebih baik lagi, dan yang ilegal dapat segera dihentikan. Menurutnya, hal ini merupakan tugas pihaknya bersama dengan aparat terkait, tentu saja jika tidak bersama aparat maka hal itu tidak akan terjadi.

“Insya Allah pada akhir Maret atau awal April itu sudah terbentuk,” lanjut politisi Partai Gerindra ini.

Baca juga : DPRD Kaltim Sorot Perubahan Badan Hukum Perusda MBS dan BKS

Selain itu, iapun berupaya untuk memberikan edukasi terkait penambangan ilegal, dan juga tindakan hukumnya.

“Maka dari itu, kita akan bersurat ke Kapolda, Kejaksaan, tembuskan ke Mabes Polri, Jaksa Agung, dan KPK,” imbuhnya.

Ketua Komisi 3 DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud menyampaikan, saat ini masih dalam pembahasan pihaknya untuk mendorong lahirnya Pansus tersebut.

“Supaya kita bisa menelusuri lebih jauh adanya tambang-tambang ilegal, yang koridor-koridor itu,” tuturnya.

Secara internal Komisi, kata Hasan lebih lanjut, memang sudah melakukan pembahasan, namun belum secara dalam dan resmi.

“Jadi Pansus ini, yang pertama kan perlu dan harus lahir. Ya harus diinisiasi dari (fraksi) Golkar, kalau bisa,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : Az

Editor  : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!