Usai Dilantik, Boni : Mahulu Subsidi Petani Rp2 Juta/Hektar

Bupati Berharap Masyarakat Mahulu Semangat Membuka Lahan

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Diperiode Ke-2 memimpin Kabupaten termuda di Kaltim yang baru berdiri pada tahun 2013 yakni Mahakam Ulu (Mahulu), Bupati terpilih Bonafasius Belawan Geh, menargetkan akan mengembangkan pertanian dan pariwisata.

Sedangkan target 100 hari kerja sebagai Bupati Mahulu yang berpasangan dengan Yohanes Avun sebagai Wakil Bupati, selain penanganan  Covid-19, kerja infrastruktur yang belum selesai, pertanian, dan pariwisata juga menjadi target dari Boni, demikian nama panggilan dari Bonafasius.

“Hal ini dikarenakan hasil nyata yang telah ditunjukkan dari sektor pertanian di Mahulu selama ini. Pertanian dalam arti luas seperti Sawah, Kebun, Kakao adalah potensi dari Mahulu yang tinggal dikembangkan kwalitas dan kwantitasnya, termasuk Peternakan,“ terang Bonafasius  pasca dilantik sebagai Bupati Mahulu untuk yang kedua kalinya, Jum’at (26/2/2021).

Baca juga : Usai Dilantik, Yohanes : Mahulu Akan Tutup Total Akses Masuk

Untuk sektor Pariwisata, lanjutnya,  maka Mahulu akan mengembangkan objek wisatanya, karena destinasi wisata di sana juga cukup banyak. Begitupula menurutnya akan dibangun pertanian modern, dengan pola tanam Padi kering atau Padi Gogoh.

“Nantinya pertanian tersebut akan dibarengi dengan budaya adat tradisional, misal upacara adat Panen Padi, itu merupakan potensi wisata,“  ungkapnya.

Boni juga mengungkapkan, hasil Padi saat ini kurang lebih 4.000 ton sedang Kakao baru sekitar 8 ton. Iapun optimis akan peningkatan produksi Padi dan Kakao di Kabupaten di perbatasan tersebut.

“Untuk mendorong masyarakat agar membuka lahan, maka kami memberi stimulan minimal 1 hektar akan di-support Rp2 Juta untuk biaya tanam. Dengan harapan adanya subsidi tersebut, maka masyarakat Mahulu akan semangat untuk  membuka lahan,“ pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : @my

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!