Pelantikan Wali Kota Samarinda Diwarnai Aksi Demo Mahasiswa

Mahasiswa Tuntut Realisasi Janji Kampanye

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA :  Meski di bawah terik matahari menyengat tak menyurutkan aksi demo yang dilakukan oleh sekumpulan mahasiswa, menyambut pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda. Dengan menggunakan jaket almamater Universitas Mulawarman, para Mahasiswa yang menamakan dirinya Aliansi Garuda Mulawarman menyampaikan orasi, Jum’at (26/2/2021).

Dalam orasi yang disampaikan secara bergantian, mereka menyatakan jika Pelantikan Wali Kota-Wakil Wali Kota Samarinda silih berganti setiap periodenya, namun berbagai permasalahan nyata di Kota Tepian ini belum selesai-selesai juga, yakni persoalan banjir, Tambang ilegal, kesehatan, dan berbagai macam masalah lainnya.

Memanfaatkan momen pelantikan Wali Kota-Wakil Wali Kota Samarinda Andi Harun-Rusmadi yang menggantikan Syaharie Jaang-M Barkati, maka besar harapan dari para Mahasiswa kepada pemimpin baru kota Samarinda tersebut, untuk Samarinda lebih baik lagi di masa depan.

Pengunjuk rasa menegasakan akan tetap mengawal pemerintahan pasangan politisi dan birokrat tersebut, dari awal hingga akhir masa jabatan yang akan memimpin Pemerintahan Kota Samarinda sejak tahun 2021 hingga 2025.

Berita terkait : Berlangsung Tertutup, Isran Lantik 5 Kepala Daerah Secara Virtual

Pernyataan tersebut mereka tuangkan dalam spanduk yang mereka bentangkan di hadapan anggota Satpol PP, yang menjaga ketat halaman Kantor Gubernur Kaltim sebagai tempat berlangsungnya aksi.

Dalam tuntutannya, Mahasiswa mengharapkan jaminan keterbukaan ruang evaluasi dan ruang diskusi dalam setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh Andi Harun-Rusmadi nantinya.

Para Mahasiswa juga menuntut penyelesaian permasalahan yang ada di Kota Samarinda, termasuk  yang tak kalah pentingnya mereka menuntut penuntasan visi dan misi program unggulan, serta realisasi janji-janji saat kampanye Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda.

Mereka menegaskan akan mengawal dan senantiasa mengevaluasi kinerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda, yang baru akan memulai tugasnya sebagai Kepala Daerah Kota Samarinda tersebut. (DK.Com)

Penulis :  @my

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.