Legislator Kaltim Dapat Keluhan Layanan Air Bersih Saat Reses di Balikpapan

Sigit : Masih Mengeluhkan Pelayanan Air Bersih

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Sigit Wibowo, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim melaksanakan serangkaian kegiatan Reses, atau serap aspirasi di beberapa Kelurahan di Kota Balikpapan.

Dari kegiatan Reses yang diselenggarakan lalu itu, Sigit sapaan akrabnya mendapatkan keluhan dari warga terkait dengan pelayanan air bersih, Kamis (18/2/2021).

Diketahui, kegiatan serap aspirasi tersebut juga dalam rangka kunjugan ke lokasi yang berpotensi terkena bencana tanah logsor. Yang telah terjadi di Kelurahan Gunung Samarinda, Kecamatan Balikpapan Utara. Dalam kesempatan itu, Sigit juga mendapatkan keluhan Turap Parit yang mengalami pendangkalan. Yang terjadi di Jalan Taman Sari, Kelurahan Graha Indah.

“Masyarakat Kota Balikpapan masih mengeluhkan pelayanan air bersih, selain masalah tanah longsor, banjir, pendidikkan, hingga penerangan jalan umum,” ucap Sigit.

Terkait masalah air bersih, legislator yang juga merupakan Ketua PAN Kaltim tersebut menerangkan, jika permasalahan itu disebabkan karena belum meratanya sambungan air bersih PDAM. Terkhusus masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan maupun wilayah di pinggiran kota.

Sehingga Sigit mendorong PDAM agar dapat menuntaskan persoalan sambungan air bersih untuk masyarakat Balikpapan.

Baca juga : Reses di Perum Bukit Temindung, Puji Terima Keluhan Beasiswa

“Yang paling sering adalah persoalan sambungan air bersih dari PDAM. Sehingga perlu segera dicarikan solusi, karena PDAM itu yang mengoperasikan distribusi air bersih itu,” ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Manggar Haidir Effendi mengatakan, bahwa pihaknya masih menunggu Waduk Teritip beroperasi secara optimal. Oleh karenanya, di semester pertama tahun 2021 nanti, PDAM terlebih dahulu merealisasikan penambahan sambungan pipa baru untuk air bersih.

“Target itu kami anggap realistis karena juga belum ada penambahan air baku. Kalau proyek Waduk Teritip sudah beroperasi optimal, ketika beroperasi nanti, kapasitasnya 260 liter per detik,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : Az

Editor  : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.