Anggota DPRD Merasa Miris Saat Petani Kaltim Keluhkan Kekurangan Pupuk

Ismail : Ini Sangat Ironis. Di Kaltim Ada Pabrik Pupuk Tapi Petani Kekurangan Pupuk

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Anggota Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Ismail mengaku mendapat banyak aspirasi masyarakat saat menggelar reses di Kutai Timur, tepatnya di Koubun, pertengahan Februari 2021.

Anggota DPRD Kaltim dari Partai NasDem ini menyebut warga menyampaikan keluhan akses jalan Provinsi yang melintas ke Berau rusak parah, akibatnya warga terganggu saat melintas di jalur tersebut.

“Panjangnya sekitar 50 Kilometer rusak, perlu jadi perhatian Pemprov Kaltim,” ungkap Ismail saat dihubungi DETAKKaltim.Com, Jum’at (26/2/2021).

Kemudian, jaringan listrik ke beberapa Desa di Kutai Timur belum teraliri listrik. Karena itu perlu jadi perhatian juga.

Di sektor Pertanian, kata Ismail, hampir di semua titik basis yang dia datangi mengeluh kekurangan Pupuk. Bagi Ismail, ini sangat miris karena ada Pabrik Pupuk di Kaltim yakni di Kota Bontang.

“Ini sangat ironis. Di Kaltim ada Pabrik Pupuk tapi Petani kekurangan Pupuk,”  tegas dia.

Para Petani tanaman pangan maupun Kelapa Sawit mengaku kekurangan Pupuk. Akibatnya berdampak terhadap pertumbuhan tanaman dan produksi.

“Saya setelah dari sini akan diskusi dengan dinas terkait, baik Perkebunan maupun Pertanian agar segera dicarikan solusi guna mengoptimalisasi hasil Pertanian Petani,” terang dia.

Baca juga : Insentif Nakes Nunggak, Ketua DPRD Harap Gubernur Kaltim Koordinasi Menkes

Selain Pupuk, Petani juga membutuhkan alat pertanian seperti Traktor dan alat lainnya untuk mendukung kerja-kerja Petani.

“Intinya teknologi itu dibutuhkan untuk meningkatkan produksi,” tegasnya.

Tak kalah penting juga, lanjut Ismail, akses jalan usaha tani, jalan-jalan produksi bagi Petani juga perlu diperhatikan.

“Hampir semua lokasi Petani yang saya datangi keluhannya sama. Seperti yang saya jelaskan di atas,” pungkas Ismail yang memasuki periode Kedua di DPRD Kaltim. (DK.Com)

Baca juga:  Vaksin Lansia Segera Tiba, Anggota DPRD Kaltim Ingatkan Cara Penyimpanan

Penulis : Zaki

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.