Ananda “Turun” Bersihkan Sampah SKM, Anggota DPRD Kaltim dari PDIP

Nanda : Kami Dapat Sampah Hampir 1 Ton

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Melaksanakan Gerakan Penghijauan dan Bersih-Bersih Daerah Aliran Sungai (DAS) Gelombang Kedua Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan di seluruh Indonesia, kader partai besutan Megawati yang kini di DPRD Kaltim Ananda Emira Moeis “turun” melakukan pembersihan sampah di Sungai Karang Mumus (SKM), Minggu (21/2/2021) pagi.

Nanda, begitu dia disapa, menuturkan ia bersama timnya berhasil mengumpulkan sampah SKM sekitar 1 ton pada kegiatan yang dimulai dari Pukul 07:00 hingga 10:00 Wita.

“Kami dapat sampah hampir 1 ton, ada popok, ada plastik juga. Sudah pasti itu limbah rumah tangga. Ini mestinya kembali dipikirkan. Dicarikan solusi,” ungkap politisi PDIP Kaltim.

Menurut Nanda yang kini duduk sebagai anggota Komisi 3, sampah rumah tangga masih mendominasi SKM. Karena itu, ia meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup Samarinda agar bisa menjaga dan memastikan sampah tersebut tak mencemari SKM.

Selain membersihkan sampah, Nanda juga meninjau secara langsung bangunan Turap SKM. Nanda mengusulkan agar pembangunan Turap bisa menyeluruh, tidak terpotong-potong.

“Sepertinya kita melanjutkan pembangunan Turap sampai di ujung Sungai.  Pembangunan ini bisa bekerja sama dengan Pemprov. Dibantu anggaran. Kita harus fokus dengan SKM ini,” tegas perempuan yang menjabat Sekretaris DPD PDIP Kaltim ini.

Perihal warga yang menetap di bantaran SKM, Nanda mengusulkan agar ada solusi terbaik.

Berita terkait : Peduli Lingkungan, PDI Perjuangan Gelar Diskusi Politik Hijau

“Kita harus buka mata, selain menggusur, harus benar-benar cari solusi, kemana warga harus tinggal. Dan jangan sampai, dengan berpindahnya mereka bisa mematikan sumber ekonomi mereka,” tegas Nanda.

Apalagi, kata dia, kawasan SKM itu yang tinggal adalah mayoritas pedagang pasar.

“Kemarin terjadi pro kontra karena kebijakan itu tidak matang di masyarakat. Harapan saya, jika ini dilanjutkan, sebelumnya persoalan tinggal warga di sana sudah harus betul-betul mateng. Warga diberi ganti rugi yang sesuai dan disiapkan rumah tinggal yang layak,” tegas Nanda.

Selanjutnya, Nanda mengaku akan mengupayakan ke Komisi 3 DPRD Kaltim untuk konsen dengan SKM dan nasib warga yang bermukim di Bantaran SKM. (DK.Com)

Penulis : Zaki

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.