Meninggal Karena Covid-19, Siapa Thohari Azis di Mata Sekretaris PDIP Kaltim?

Nanda : Kader Yang Selalu Menjalankan Perintah

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Innalilalillahi wainnailaihi rojiun, kabar duka tersebar dalam seketika di group-group WhatsApp menyampaikan telah meninggal Wakil Wali Kota Balikpapan terpilih pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan 9 Desember 2020, Rabu (27/1/2021) sore.

“Innalillahi wainnailaihi rodjiun, telah meninggal dunia Bapak Thohari Azis SH Jam17:30 Wita di RS Pertamina Balikpapan. Mohon doa Bapak/Ibu kiranya almarhum husnul khotimah. Aamiin,” tulis seseorang berinisial WB di group WA Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) pada Pukul 17:52 Wita.

Pada Pilkada Balikpapan lalu, Thohari Azis yang merupakan salah satu kader terbaik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Balikpapan, didapuk partainya berpasangan dengan Rahmad Mas’ud, dan pasangan ini menang.

Dikonfirmasi awak media terhadap kabar duka ini, Sekretaris PDIP Kaltim Ananda Emira Moes mengatakan, dikabari sama Sekretaris DPC PDIP Balikpapan, Budiono. Beliau, almarhum berpulang ke rahmatullah (meninggal).

“Dari kemaren malam memang sudah selalu kontak-kontakan juga karena kondisinya menurun, kita selalu doa bersama juga dari kemarin. Tapi Tuhan berkehendak lain, ya yang terbaik untuk beliau. Semoga keluarga diberikan kesabaran dan juga ketabahan,” kata Nanda.

Thohari Azis sebelum dimajukan bertarung di Pilkada Balikpapan merupakan Wakil Ketua DPRD Balikpapan, ia terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) VI Balikpapan Selatan dengan mengumpulkan 4.605 suara, merupakan suara tertinggi dari 9 anggota DPRD Balikpapan dari Dapil itu.

Menanggapi pertanyaan seperti apa keseharian almarhum baik di masyarakat maupun di partai, Nanda mengatakan orangnya baik banget, ke masyarakat turun terus.

“Setiap minggu, selalu ada acara menyapa masyarakat, gotong royong, kerja bakti. Nggak heran terpilih terus (DPRD) dalam beberapa periode, terpilih juga menjadi Wakil Wali Kota Balikpapan. Orangnya baik banget, sahabat keluarga saya juga,” ungkap Nanda.

Baca juga:  Lagi, Anggota DPRD Kaltim “Kebanjiran” Usulan Saat Gelar Reses di Bayur

Baca juga : Satgas Pamtas RI-Malaysia Turun Tangan Bersihkan Material Longsor

Bagi Nanda, Thohari sudah dikenalnya sudah lama, bahkan sebelum jadi anggota DPRD. Semasa Emir Moeis, bapaknya, aktif di Kaltim pernah menengoknya saat bersekolah di luar.

“Di partai, kader yang selalu menjalankan perintah, instruksi partai. Jadi nggak pernah neko-neko. Selalu turun ke bawah (masyarakat), sifatnya membumi banget. Selalu down to earth, yang saya ingat itu,” tandasnya.

Thohari Azis yang lahir di Magetan, 12 Juli 1970, menambah panjang daftar orang-orang ternama di Kaltim yang hidupnya berakhir lantaran terpapar wabah Virus Corona. Sebelumnya ada Adi Dharma, Muharram, Dahri Yasin, Muspandi, Abdurrahman Al Hasani, dan sejumlah nama lainnya. (DK.Com)

Penulis : LVL

Leave A Reply

Your email address will not be published.