Tahun Lalu Rp600 Juta, PT Inhutani I Batuampar Kembali Salurkan CSR

Verri : Kita Mempunyai Kewajiban Melakukan Pembinaan

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGERA : PT Inhutani I Batuampar kembali menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut, Selasa (19/1/2020) siang.

Kepala Unit PT Inhutani I Batuampar Verri Ginoga menyampaikan, untuk penyerahan CSR kali ini pihaknya memberikannya kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mentawir sebesar Rp150 Juta secara bertahap. Tahap pertama sebesar Rp25 Juta untuk kegiatan pengembangan wisata Mangrove di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Perusahaan ini punya program CSR, kita mempunyai kewajiban melakukan pembinaan kepada masyarakat di sekitar kita. Baik itu untuk kepentingan peningkatan perekonomian untuk usaha-usaha kecil atau home industry,” jelas Verri.

Selain itu, kata Verri lebih lanjut, juga ada kewajiban membantu sarana-sarana pendidikan yang ada di sekitar perusahaan. Kemudian pihaknya juga membantu masyarakat membentuk Kelompok Tani Sadar Wisata Mangrove, mengingat di areal perusahaan ada potensi Hutan Mangrove sekitar 2 ribu hektar bisa dijadikan tujuan wisata yang dikelola masyarakat.

“Sekarang sudah terbentuk menjadi Wisata Mangrove yang berada di Mentawir,” ungkap Verri.

Terkait bantuan CSR kepada Pokdarwis hari ini, menurut Verri, tahun-tahun sebelumnya pihaknya telah memberikan bantuan secara keseluruhan sebesar sekitar Rp600 Juta. Dari bantuan tersebut, Pokdarwis Mentawir sudah bisa menggali potensi yang ada di sana.

“Dari Mangrove itu sudah bisa kita pasarkan Sirup Mangrove, Dodol Mangrove, bahkan Kopi Mangrove,” ungkapnya lebih jauh.

Selanjutnya, pihaknya juga berencana untuk membangun Keramba Ikan Belanak dan Kepiting mengingat di kawasan itu punya potensi.

Selain itu, karena di kawasan itu juga terdapat hutan Bambu yang khas sekitar 100 hektar di sekitar Hutan Mangrove, pihaknya telah mendatangkan tenaga ahli untuk mendidik masyarakat membuat kerajinan dari Bambu dan saat ini sudah berproduksi bahkan sudah dipasarkan.

Berita terkait : PT Inhutani I Batuampar Bersepakat Pokdarkamtibmas Bhayangkara Kaltim

“Pada hari ini kita menyerahkan bantuan sebesar Rp66 Juta,” tandasnya.

Terhadap bantuan CSR PT Inhutani I Batuampar, Ketua Pokdarwis Mentawir La Malle mengucapkan terima kasih. Dimana sebelumnya, tidak pernah membayangkan bahwa akan ada destinasi wisata Mangrove di kawasan itu.

“Untuk destinasinya, semua tidak lepas dari bantuan CSR PT Inhutani . Hanya tenaga dan pemikirannya saja di lapangan kami ini, semua dana itu dari PT Inhutani. Kami terangkat itu dari PT Inhutani,” kata La Malle dalam sambutannya sebelum penyerahan bantuan.

Sejak terbentuk, Pokdarwsi Mentawir disebutkannya telah mengikuti lomba tingkat nasional mewakili Kaltim meskipun belum berhasil menjadi juara. (DK.Com)

Penulis : LVL

Leave A Reply

Your email address will not be published.