Aliansi Ormas Kaltim Buka Dompet Peduli Bencana

HM Yahya : Sebagai Wujud Kepedulian Kemanusiaan

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA :  Aliansi Pimpinan Ormas Daerah Kalimantan Timur yang tergabung AORDA Kaltim, buka Dompet Peduli Korban Bencana Alam.

HM Yahya Al Atas Ubay, Ketua Dewan Pertahanan Adat Dayak Kutai dan Banjar Kalimantan dalam posisi sebagai Plt Ketua AORDA Kaltim berinisiatif membuka Dompet Peduli Korban Bencana Alam, sebagai  wujud kepedulian kemanusiaan.

Dompet Peduli Korban Bencana ini, merespon bencana alam Gempa Bumi yang terjadi di Sulawesi Barat (Sulbar) dan bencana banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel), Aliansi Ormas Daerah Kaltim (AORDA KT) membuka Dompet Peduli Bencana Sulbar dan Kalsel.

Menurut Ketua Dewan Pertahanan Adat Dayak Kutai Banjar Kaltim sebagai Plt Ketua Umum AORDA KT Yahya Al Atas Ubay, Dompet Peduli Bencana ini sebagai perwujudan kepedulian kita terhadap saudara kita yang terkena musibah atau bencana alam di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

“Sebagai wujud kepedulian kemanusiaan terhadap saudara kita yang terkena bencana alam di Sulbar dan Kalsel, Dewan Pengurus Pimpinan Ormas Daerah Kaltim yang tergabung AORDA-KT, sepakat untuk membuka Dompet Peduli,” kata Yahya, Kamis (21/1/2021).

Yahya menghimbau kepada masyarakat Kaltim terutama jajaran Pengurus AORDA KT dan anggotanya, agar dapat menyisihkan sebagian pendapatannya dengan ikhlas untuk memberikan bantuan kemanusiaan.

“Semoga Allah Subhanahu Wata’alah, Tuhan Yang Maha Esa melimpahkan rahmat dan karuniaNya serta melipat gandakan pahala untuk kita semua, Aamiin,” harap Yahya.

Sesungguhnya, kita hanya mendorong para Pimpinan Ormas Daerah untuk lebih peka dan peduli atas musibah yg datang secara tiba-tiba. Karenanya, kita harapkan teknis pengumpulan Dana Peduli lanjut, kata Yahya lebih lanjut, diharapkan dikoordinir melalui Pimpinan Ormas masing-masing.

Mohammad  Djailani, Ketua Umum Aliansi Pimpinan Ormas Daerah Kaltim (AORDA KT), saat dikonfirmasi DETAKKaltim.Com, kini masih ada di Jakarta. Djailani sangat mengapresiasi inisiatif Plt Ketum AORDA KT Yahya Al Atas Ubay yang menggagas sebuah kepedulian kemanusiaan terhadap saudara kita, baik Kalimantan Selatan maupun Sulawesi Barat.

“Semoga prakarsa inisiatif spontan Pak Yahya Ubay dan kawan-kawan bisa men-stimulan kepekaan sosial anggota Ormas atau LSM lain,” tukas Djailani, mantan Asisten Deputy Menko EKUIN/Bappenas yang kini menyandang gelar Aji Raden Tumenggung dari Kesultanan Kutai.

Baca juga : Residivis Kembali Beraksi, Barang-Barang Warga Disatroni

Disinggung mengenai rencana Ketua Umum Majelis Rakyat Kaltim Berdaulat (MRKB) H Akil Mappeasse, yang akan melakukan skema pengumpulan sendiri. Menurut  Djailani, malah tambah lebih bagus bahkan sinergis. Hal yg lebih operasional, karena  langsung ke lapangan.

“Mudahan Ormas lain juga lakukan yang sama,” tandasnya.

Himbauan Yahya Ubay selaku Plt Ketua Umum AORDA Kaltim mendapat reson positif dari berbagai pihak, dengan sejumlah tokoh tertentu di antaranya Prof Dr Syahrumsyah Asri (Sekjen LBAK), Ketua NU Kaltim sekaligus mantan Ketua Kadinda Kaltim Fauzi Bahtar, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Kaltim Pdt Dr Edy  Gunawan, Akademisi Unmul Dr Hasnan Hefnie, dan sejumlah nama lainnya. (DK.Com)

Penulis : LVL

Leave A Reply

Your email address will not be published.