Komisi 3 RDP Bapeda Litbang Bahas RPJMD Wali Kota Baru

Pendidikan, Kesehatan, dan Penangangan Banjir Jadi Prioritas

DETATAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi 3 DPRD Kota Balikpapan melaksanakan Rapat Kerja Dengar Pendapat (RDP) dengan Bapeda Litbang yang dipimpin langsung Ketua Komisi 3 Alwi Al Qadri.

Dari hasil pembahasan, Sekretaris Komisi 3 Ali Munsjir Halim menyampaikan saat ini Bapeda Litbang Pemerintah Kota sudah mulai menyusun perencanaan tenokrat, yang menyangkut tentang RPJMD yang berhubungan dengan Wali Kota terpilih.

“Secara garis besarnya yang akan menjadi skala prioritas utama di dalam RPJMD Wali Kota terpilih adalah soal pendidikan, kesehatan, dan penanggulangan banjir,” jelas Ali.

Untuk penangangan banjir,  selama 5 tahun yang lalu baru mencapai 60% hingga 70 % karena terkendala masalah lahan.

“Karena masalah pembebasan lahan yang tentu menjadi dasar, mudah-mudahan ditahun ini semua sudah bisa di-clear-kan sehingga dapat dilanjutkan dengan Wali Kota terpilih,” tegas Ali Munsjir.

Kepala Bapeda Litbang Agus Budi Prasetyo menegaskan, adanya beberapa evaluasi yang dilakukan Komisi 3 terkait  kegiatan-kegiatan untuk dijadikan perencanaan yang akan datang dikepemimpinan Wali Kota yang baru.

Baca juga : Anggota DPRD Balikpapan Gelar Doa Bersama

“Seperti yang sudah disebutkan masalah pendidikan, di antaranya  roombel, pakaian seragam, kemudian kesehatan yang berkaitan dengan pelatihan tenaga Covid. Kemudian terkait dengan bantuan JKN bagi masyarakat yang tidak mampu,” jelas Agus Budi Prasetyo.

Terkait dengan penanganan banjir , jelsanya lebih lanjut, ada sebuah kajian yang dilakukan oleh pemerintah setempat (Bapeda) untuk penangan banjir dan DAS Ampal yang menjadi prioritas.

“Kebetulan juga ada MoU dengan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat, untuk segmen DAS Ampal menjadi prioritas utama. Selebihnya akan dilakukan kajian untuk melengkapi RPJMD yang akan datang,” kata Agus. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor  : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.