BREAKINGNEWS! Satu Hilang, Kapal Tanker Hantam Perahu Nelayan Paser

Korban Mahmud Dalam Pencarian Tim SAR Gabungan

DETAKKaltim.Com, PASER : Sebuah Kapal Tanker dikabarkan menabrak Perahu Nelayan di Laut Muara Telake, Kecamatan Longkali, Kabupaten Paser, Rabu (9/12/2020) Pukul 17:30 Wita.

Akibat insiden tersebut menyebabkan Mahmud (59) seorang nelayan yang beralamat di Sungai Parit, RT 01, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dikabarkan hilang.

Sebagaimana disampaikan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas A Balikpapan Melkianus Kotta melalui Kasi Ops dan Siaga Octavianto dalam keterangan tertulisanya yang diterima DETAKKaltim.Com, informasi kejadiaan naas tersebut dilaporkan Muriono dari Pusdaops BPBD Provinsi Kaltim kepada KPP Balikpapan, terjadi hari Selasa (8/12/2020) Pukul 02:00 Wita.

Kronologis insiden tersebut sebagaimana yang disampaikan saksi Saming (49) kepada pelapor, korban sedang berlabuh di Tali Tomba yang berada di Laut Muara Telake. Posisi  Saming sedang tidur, sedangkan Mahmud tiba-tiba terbangun, melihat kapal tanker sudah mendekat.

“Pak Mahmud membangunkan Pak Saming untuk segera memotong Tali Jangkar, namun terlambat tanker sudah menghantam Perahu. Perahu terbalik, Pak Saming tenggelam namun sempat berenang naik ke sela-sela Perahu yang sedang telungkup dan Pak Saming bisa sementara mengambil nafas. Sekitar setengh jam kemudian, baru dia berenang keluar dari Perahu dan naik ke atas Perahu tersebut,” kata Octavianto.

Baca juga : BREAKINGNEWS! 3 Hari Tenggelam Akbar Ditemukan Tim SAR

Kemudian Rabu (9/12/2020) pagi, lanjut Octavianto, lewatlah Kapal Pemancing Penajam yang melihat dan menolong Saming dan langsung mengantarnya pulang ke rumah. Sedangkan Mahmud belum diketemukan.

Usai mendapat laporan tersebut, pada Pukul 17:42 Wita Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan bergerak menuju ke lokasi kejadian menggunakan Rescue Car Dmax, RB, Palkom dan Peralatan SAR Air.

Sejumlah unsur bagian dalam operasi pencarian terhadap korban, di antaranya Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan, BPBD Paser, Pos TNI AL, Satpol Airud Polres, Lurah Sungai Parit, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Relawan Info, dan warga. (DK.Com)

Penulis : LVL

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.