Taman Wisata Kembang Jaong, Tawarkan Wisata Alam Terbuka

Erwin : Tempat Rekreasi dan Edukasi Berbasis Agro Wisata

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA : Perkembangan Sektor Pariwisata di Kutai Kartanegara semakin maju dan sangat menjanjikan, hal itu ditandai dengan kian banyaknya masyarakat mengembangkan usaha tersebut, baik dikelola secara kelompok maupun perorangan.

Misalnya saja di Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara, terdapat sebuah objek wisata yang menawarkan rekreasi nuansa alam serta edukasi. Meski baru dibuka untuk umum, namun tempat wisata yang berada di Dusun Bensamar, Kelurahan Loa Ipuh Darat, Kecamatan Tenggarong, kini sudah ramai dikunjungi wisatawan lokal.

Destinasi wisata Kembang Jaong itu sendiri diambil dari nama tumbuhan khas Kutai, dulunya tempat ini adalah kebun yang banyak ditumbuhi Kembang Jaong.

Pengelola destinasi wisata Kembang Jaong Erwin Junaidi mengatakan, secara garis besar pihaknya mengembangkan rekreasi dan edukasi yang berbasis pada Agro Wisata, dimana di lokasi ini terdapat tanaman buah-buah lokal khas Kaltim.

Tak hanya itu, lokasi yang luasnya 1,9 Hektare ini, juga mengembangkan wisata budaya dan tradisi Kutai yang kini mulai pudar serta jarang dikenal.

“Konsep kami yakni sebagai tempat rekreasi dan edukasi yang berbasis pada Agro Wisata, yang di dalamnya ada tanaman lokal khas Kaltim. Kami memberdayakan warga sekitar untuk pengelolaan wisata ini, hal itu kami lakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Erwin Junaidi.

Meski sempat tutup dikarenakan adanya wabah Covid-19, namun di era new normal ini wisata Kembang Jaong kembali dibuka dan tingkat kunjungannyapun kian meningkat.

Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pengunjung, destinasi wisata Kembang Jaong ini juga menerapkan protokol kesehatan serta memberlakukan sistem buka tutup di lokasi dalam menerima pengunjung.

“Alhamdulillah pengunjung semakin banyak, dan kami tetap menerapkan protokol kesehatan dan memberlakukan sistem buka tutup dalam menerima pengunjung,” jelasnya.

Baca juga:  PAD Kota Bontang Naik di APBD Perubahan Tahun Anggaran 2020

Baca juga : Potensi Yang Tidak Disadari, Wisata Eksotik di Desa Semayang

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara Tauhid Afrilian Noor menyambut baik kehadiran destinasi wisata Kembang Jaong, dan memberikan apresiasi kepada pengelola wisata tersebut atas kreatifitasnya, untuk mendirikan sebuah destinasi wisata bertajuk rekreasi dan edukasi yang berbasis pada Agro.

Iapun berharap dengan adanya destinasi wisata Kembang Jaong ini, dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, khususnya dalam peningkatan ekonomi kerakyatan yang berbasis kearifan lokal.

Baca juga : Pemda Kukar Dukung Petani Jagung Untuk Terus Tingkatkan Produksi

“Kami mengapresiasi kepada pengelola, karena membuat konsep wisata rekreasi dan edukasi yang berbasis pada agro, tentunya kami berharap memberikan dampak positif bagi masyarakat, banyaknya Wisata di Kutai Kartanegara tentu sangat membantu pemerintah dalam mengembangkan Sektor Pariwisata,” ujar Tauhid Afrilian Noor.

Untuk masuk ke lokasi destinasi wisata Kembang Jaong, pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp5 Ribu per orang. Pihak pengelola juga menyewakan sejumlah fasilitas seperti gazebo atau pondok berbagai ukuran, dengan harga yang bervariasi antara Rp100 hingga Rp200 Ribu untuk satu hari berada di lokasi tersebut.

“Bagi anda yang ingin berkunjung serta menikmati suasana alam nan asri di destinasi wisata Kembang Jaong, silakan saja datang dan tempat ini di buka dari pagi hingga sore hari,” tandas Erwin. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor  : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.