Mengenal Kampung Tangguh di Desa Loa Janan Ulu

Kepala Dusun : Kampung Tangguh Diresmikan Langsung Plt Bupati Kukar

DETAKKaltim.Com, LOA JANAN : Akibat  pandemi Covid-19 saat ini berdampak pada segala bidang, salah satunya ekonomi di Pedesan. Hal itulah yang membuat warga Desa khususnya RT 24, Dusun Tegal Anyar, Desa Loa Janan Ulu, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berinisiatif membentuk Kampung Tangguh dalam bertahan hidup pada masa pandemi Covid-19.

Berdasarkan keterangan Kepala Dusun Tegal Anyar Kateno saat ditemui di rumahnya, Sabtu 28/11/2020, keberadaan Kampung Tangguh di wilayahnya atas inisiatif warga Desa RT 24 yang ingin memanfaatkan lahan kosong di sekitar lingkungan rumah, untuk ditanami Sayuran seperti Tomat, Bayam, Lombok dan Sayuran lainnya, selain untuk dikonsumsi sendiri sayuran juga sebagian dijual di pasar tradisional di Loa Janan.

“Bahkan pada awal bulan Juni tahun 2020 lalu Kampung Tangguh di Dusun Tegal Anyar diresmikan langsung Plt Bupati Kukar Khairil Anwar,” ungkap Kateno.

Selain itu, lanjut Kateno, Pemerintah Kabupaten Kukar juga memberikan bantuan Hand Sprayer sebanyak 150 unit untuk kebutuhan Warga Dusun Tegal Anyar dalam bercocok tanam Sayuran.

Baca juga : Pemkab Kukar Raih Penghargaan Bhumandala Award 2020

Kateno berharap agar warganya tetap mempertahankan aktivitas bercocok tanam Sayuran ini,  bisa tetap berkelanjutan untuk ketahanan pangan di Wilayah Desa Loa Janan Ulu.

Ditempat terpisah, Ketua RT 24 Karsono saat ditemui di rumahnya mengatakan, sangat bangga  terhadap inisiatif warganya yang ingin bercocok tanam Sayuran di lingkungan rumahnya.

“Selain bernilai ekonomi, juga menjaga keasrian lingkungan di wilayah RT 24. Selain menanam sayuran, sebagian warganya juga menanam Padi,” ungkap Karsono. (DK.Com)

Penulis : Alim

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.