Manfaatkan Lahan Tidur, Kateno Panen Tomat 200 Kg 2 Hari Sekali

Kateno : Jualnya Saat Ini Masih di Pasar Tradisional

DETAKKaltim.Com, LOA JANAN : Tidak memiliki lahan yang luas ternyata tidak membuat Kateno sebagai Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Loa Janan menyerah. Dengan menyewa lahan kosong milik tetangga ia bertanam Sayuran.

Hal itu dikatakan Kateno saat ditemui DETAKKaltim.Com, Sabtu (28/11/2020) di ladangnya yang sedang memanen Sayur Tomat. Saat ini ia menanam Sayur Tomat kurang lebih ada 2.000 pohon dengan panen 2 hari  sekali.

“Hasil panennya 200 Kg sekali panen, untuk jualnya saat ini masih di pasar tradisional di wilayah Loa Janan,” ungkap Kateno.

Meski ia tidak menyebutkan nilai rupiah hasil penjualannya, namun jika dikonversi dengan harga di pasar saat ini rata-rata harga Tomat dalam 1 Kg Rp10 Ribu. Berarti setiap dua hari sekali Kateno mengantongi hasil penjulan Tomatnya Rp2 Juta.

Selain menanam Sayuran, Kateno juga memelihara ikan tawar seperti Ikan Gurame karena jenis ikan ini menurutnya, harga jualnya masih tinggi.

Berita terkait : Mengenal Kampung Tangguh di Desa Loa Janan Ulu

Sementara itu, Abd Rahim yang juga anggota KTNA Loa Janan saat dimintai keterangan mengatakan, ia saat ini menanam Padi karena musim hujan.

“Selain menanam Padi ia juga menanam sayuran, seperti Sawi dan Bayam,” kata Abd Rahim.

Dalam penuturannya, Abd Rahim mengatakan lebih memilih menjadi petani dari pada bekerja di perusahaan. Hal itu ia lakukan karena di wilayah Loa Janan berpeluang di pertanian, karena kondisi tanahnya masih subur.

Ia berharap agar generasi muda yang ada di Wilayah Desa Loa Janan mau menjadi petani, untuk menciptakan lapangan kerja.

“Harapan saya generasi muda di Desa Loa Janan mau menjadi petani untuk menciptakan lapangan kerja, tanpa harus bekerja di perusahaan,” tandasnya. (DK.Com)

Penulis : Alim

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.