Potensi Yang Tidak Disadari, Wisata Eksotik di Desa Semayang

Kades Bangun Cottage Untuk Wisatawan

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA : Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, selain terkenal dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, Kukar juga memiliki segudang destinasi wisata eksotik, salah satunya Desa Semayang. Wilayah yang berada di dekat Danau Semayang ini menjadi salah satu bukti jika wilayah ini mempunyai segudang lokasi wisata, yang masih perawan alias belum pernah terjamah dengan industri.

Semayang merupakan salah satu Desa yang berada di Kecamatan Kenohan yang berjarak sekitar 2,5 jam ke arah barat Kota Tenggarong. Untuk menuju Desa ini dapat ditempuh dengan menggunakan perjalanan darat dengan melewati Jembatan Kota Bangun yang memiliki panjang sekitar 14 Km.

Ada hal unik yang dibangun oleh Pemerintah Desa setempat untuk memanjakan pengunjung Desa. Adalah food court yang biasanya kerap ditemui di mall atau pusat perniagaan, namun di Desa ini hal itu akan anda dapatkan di atas air alias terapung. Tidak hanya itu, sebanyak 4 cottage dengan ukuran luas yang bervariasi juga dibangun oleh pemerintah setempat.

“Baru satu tahun belakangan ini kami membuat terobosan dalam hal Desa Wisata, hal tersebut dilatarbelakangi dengan sejumlah potensi eksotik yang ternyata dimiliki Desa ini tanpa kami sadari,” ujar Robi Salam.

Baca juga : Potensi Wisata Desa Sumber Sari, Ada Goa Peninggalan Jepang Selain Bukit Biru

Ia menyadari jika ide membentuk Desa Wisata tersebut belum pernah terpikirkan sebelumnya. Robi lantas menceritakan awalnya, ia hanya membangun cottage hanya sebagai tempat istirahat saja, guna menikmati Sunset (Matahari terbenam). Seakan menjadi magnet tersendiri kehadiran cottage yang dibangun itu ternyata menjadi daya tarik bagi sejumlah wisatawan yang berasal dari luar daerah, untuk memanfaatkan menjadi tempat penginapan. Selain cottage di areal ini juga dibangun gazebo yang diperuntukkan untuk yang hendak menikmati pesona Desa Semayang seraya menikmati sajian khas kuliner Desa Semayang.

Baca juga:  Potensi Wisata Desa Sumber Sari, Ada Goa Peninggalan Jepang Selain Bukit Biru

“Jadi awalnya saya membangun cottage ini hanya sebagai tempat istirahat sambil menikmati matahari terbenam, tapi ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berasal dari luar daerah, mereka memanfaatkan tempat ini menjadi penginapan,” ujar pria yang sudah menjabat Kades selama 4 tahun tersebut.

Melihat antusias wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini, ia bersama warganya mencoba membuat formula bagaimana memperkenalkan kearifan lokal yang dimiliki Desa Semayang, baik dari sisi panorama Desa hingga sajian kuliner khas yang dimiliki. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.