Kukar Kekurangan Guru, Butuhkan 1.500 Berstatus PNS

Ikhsanuddin : Saat Ini 13 Ribu Guru, 6 Ribu Merupakan Tenaga Honorer

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) saat ini sedang disibukkan dengan pemetaan guru, untuk mengisi kekurangan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di berbagai Kecamatan. Saat ini hampir separoh jumlah guru di Kutai Kartanegara diisi oleh guru honorer.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar Ikhsanuddin Noor menjelaskan, beberapa daerah pesisir Kukar dan pedalaman masih kekurangan guru, bahkan ada beberapa sekolah hanya memiliki 1-3 orang guru berstatus Pegawai Negeri Sipil.

“Hampir separoh guru di Kukar diisi oleh tenaga honorer, saat ini kurang lebih 13 ribu guru di Kukar, dan sekitar 6 ribuan diisi oleh guru honorer,” ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar Ikhsanuddin Noor saat dikonfirmasi DETAKKaltim.Com, Kamis (26/11/2020).

Lebih lanjut Ikhsanuddin merinci, untuk Sekolah Dasar memerlukan 9 guru PNS, ditambah dengan guru agama dan guru olahraga dan satu kepala sekolah. Belum lagi untuk guru tingkat SMP yang masing-masing harus memiliki guru mata pelajaran. Ia menambahkan, saat ini Kukar membutuhkan 1.500 guru PNS, meski belum ideal namun jumlah tersebut sudah bisa dimaksimalkan.

Baca juga : SMK Bhakti Loa Janan Terapkan Belajar Sistem Daring dan Earning

” Kita masih membutuhkan kurang lebih 1.500 guru yang berstatus PNS, meski belum ideal namun jumlah tersebut sudah bisa kita maksimalkan,” jelasnya.

Untuk program pendidikan di tahun 2021, Ikhsan mengatakan akan lebih memprioritaskan pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan mutu pendidikan terutama untuk level sekolah. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.