Anggaran Reses Rp40 Juta Per Anggota DPRD Diakui Minim

Sekwan : Sesuai Kemampuan Daerah

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda telah memasuki masa  Sidang III 2020, untuk melancarkan reses yang merupakan kegiatan anggota legislatif turun ke daerah pemilihan (Dapil) masing-masing menyerap aspirasi dari warga, membutuhkan perlengkapan baik tenda, kelengkapan alat tulis, serta makanan dan minuman sehingga membutuhkan anggaran.

Pada tahun 2020 ini anggaran reses setiap anggota DPRD Kota Samarinda adalah  masing-masing  Rp40 Juta.  Angka ini diakui Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Samarinda, Agus Tri Santoso terbilang kecil untuk menutupi semua biaya reses tersebut.

Anggaran reses tersebut dialokasikan semacam untuk ATK serta makan dan minum. Anggarannya sekitar 40 Juta per anggota Dewan, dengan luasan Dapil yang berbda-beda, contoh Dapil Palaran, Samarinda Seberang, dan Loa Janan ilir dengan 9 kali pertemuan, dengan tempat yang saling berjauhan tersebut, maka nilai 40 Juta terbilang minim,“  kata Agus saat ditemui di kantornya, Rabu (25/11/2020).

Agus mengakui, dengan 9 hingga 10 kali pertemuan untung satu kali reses, dengan anggaran Rp40 Juta yang dibiayai oleh pemerintah maka tidak akan mencukupi.

“Misal dengan 9 kali pertemuan, total biaya 40 juta, maka untuk 1 kali pertemuan hanya dianggarkan  sekitar 4,4 juta. Itu minim banget, karena harus cukup untuk biaya ATK,  sewa tenda, kursi dan lain-lain termasuk  untuk makan dan minum,“ hitungnya.

Baca juga : Pro dan Kontra Dimulainya Sekolah Tatap Muka

Namun karena peraturan menentukan, kata dia lebih lanjut, jika anggaran reses anggota DPRD disesuaikan kemampuan keuangan daerah, maka nilai Rp40 Juta atau total 1,8 Miliar untuk 45 anggota itulah kemampuan keuangan daerah.

Sedangkan untuk pembayaran, maka dana reses menurut Agus akan dibayar dengan syarat menyerahkan laporan kegiatan reses beserta bukti foto dan kwitansi kegiatan reses.

“Waktu pengumpulan laporan reses terserah anggota Dewan, karena makin cepat laporan reses diserahkan oleh anggota Dewan, maka akan makin cepat pula dana reses tersebut dibayarkan,“ pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : @my

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.