BPKAD Bontang Bakal Kaji Sistem Sewa Kendaraan Dinas

Deddy : Tahun Depan Kami Mau Coba

DETAKKaltim.Com, BONTANG : Mobil Dinas saat ini masuk dalam aset Barang Milik Daerah (BMD). Namun, ketika aset itu sudah lagi tak layak pakai, maka akan dilakukan pelelangan aset. Mobil dinas juga butuh biaya pemeliharaan yang tidak sedikit. Oleh karenanya untuk meminimalisir biaya pemeliharaan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bontang berencana melakukan kajian sistem sewa untuk mobil dinas.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Barang Milik Daerah (BMD) BPKAD Bontang, Deddy Haryanto. Dikatakannya, ketika usia kendaraan sudah 7 tahun maka nilainya menjadi nol. Dan biaya pemeliharaan serta operasionalnya lebih mahal.

“Makanya tahun depan kami mau coba dan sedang dibuat kajiannya kendaraan dinas itu akan sewa semua,” terang Deddy, Selasa (24/11/2020).

Bagi kendaraan dinas yang sudah masuk usia 7 tahun ke atas maka akan dilelang. Seperti di Kabupaten Kutai Kartanegara, lelang kendaraan dinas dilakukan besar-besaran alias puluhan.

“Sewanya juga akan dilelang, karena ada penyedianya,” imbuhnya.

Jika dihitung-hitung, lanjut Deddy, lebih efektif sewa. Makanya seperti Pupuk Kaltim lebih memilih sewa kendaraan dinas. Mengingat tak perlu lagi memikirkan biaya pemeliharaan, biaya STNK, diasuransikan, setiap tahun kondisi mobil baru terus.

“Tidak lagi memikirkan pejabat yang pensiun dan membawa mobil dinas, itu menjadi urusannya dengan pihak penyewa,”ujarnya.

Baca juga : Disporapar Kota Bontang Gelar Pelatihan Bela Negara Bagi PPI

Sehingga pemerintah tidak direpotkan permasalahan tersebut. Tahun depan, akan dimulai kajiannya yang seharusnya dilakukan tahun ini namun terkendala Covid-19.

“Kami akan melakukan kajian dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN), karena beberapa daerah sudah menerapkannya seperti Kukar, Balikpapan, Paser, PPU,” ungkapnya.

Usia mobil di atas 7 tahun itu sudah susut nilainya dalam pembukuan sehingga bisa diusulkan dihapuskan. Makanya perlu dilihat biaya pemeliharaannya, karena akan lebih besar biayanya. (DK.Com)

Penulis : Cinhue

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!