Lahan 1.400 Hektare di Desa Sumber Sari Siap Garap

Kades : Ratusan Hektare Sudah Produktif

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA :  Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara, memiliki potensi lahan pertanian yang cukup luas. Di desa ini ada lebih dari 300 hektare lahan sawah, 100 hektare lahan tanaman holtikultura, dan 60 hektare lahan perkebunan yang produktif.

Kepala Desa (Kades) Sumber Sari Sutarno mengatakan, luas lahan yang potensial di Desa Sumber Sari hingga saat ini ada 1.400 hektare. Ia mengaku Desa Sumber Sari juga bebas dari pertambangan Batubara, sehingga lahan yang ada di Desa masih cukup luas.

“Yang belum belum digarap masih cukup lumayan, luas lahan kita total ada 1.400 hektare, jadi lahan kita masih cukup luas,” ujar Sutarno saat ditemui beberapa waktu lalu.

Dia juga mengungkapkan, jumlah Kelompok Tani di Desa Sumber Sari cukup banyak. Ada 25 Kelompok Tani (Poktan) dan Kelompok Wanita Tani (KWT) ada 7 kelompok.

“Mungkin di Kecamatan Loa Kulu paling banyak di Desa sini,” jelasnya Sutarno lebih lanjut.

Baca juga : Libatkan Pemuda, Dispora Kukar Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Iapun mengatakan dari lahan sawah yang telah digarap petani, setiap hektarenya bisa menghasilkan 4 hingga 5 ton setiap kali panen, dengan masa panen dua kali dalam satu tahun.

“Hasil padi rata-rata satu hektare masih tergolong agak rendah, kisaran 4,3-4,5 ton, mungkin kalau hasil bagus bisa mencapai 5 ton per hektare, dua kali panen setahun,” jelasnya. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor  : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!