1 Orang Dicari, 3 Menit Kapal Pemancing Tenggelam Usai Tabrak Batang

Suara Sandy Terakhir Terdengar Pukul 04:00 Wita

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Perkembangan terakhir dari kecelakaan air yang menimpa sebuah Kapal Nelayan di Teluk Balikpapan hingga Pukul 18:00 Wita menyebutkan, masih menyisakan 1 orang korban yang belum ditemukan, Jum’at (30/10/2020).

“Tim Rescue Kantor Pencarian Balikpapan yang berada di KN SAR 408  telah melaksanakan pencarian yang tersisa 1 orang korban atas nama Sandy, dan masih nihil,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas A Balikpapan Melkianus Kotta melalui Kasi Ops dan Siaga Octavianto.

Sebelumnya disebutkan, kecelakaan air tersebut menyebabkan 6 dari 8 orang yang berada di atas kapal diselamatkan MV Lyric Star, sedangkan 2 lainnya dalam pencarian. Namun pada Pukul 08:10 Wita MV Lyric Star menerima informasi dari korban yang selamat, bahwa 1 orang korban atas nama Azis ditemukan nelayan Kampung Baru dalam kondisi selamat, dan kini telah berada di rumahnya.

Identitas para korban kemudian diketahui masing-masing Rully Hartono (39), Ari Murdani (30), Edi Saputra (24),  Saiful Anwar (28) Aris Sarwanto (28), M Tahir (48) sebagai Nahkoda kapal, Azis, dan Sandy yang masih dalam pencarian. Semuanya merupakan warga Kota Balikpapan.

Selanjutnya, Tim Rescue Kantor Pencarian Balikpapan beserta unsur SAR melaksanakan debrafing pada Pukul 18:00 Wita.

“Operasi SAR ditutup sementara dan dilanjutkan besok pagi dengan menurunkan Alut SAR yang lebih banyak dari sebelumnya, dan pencarian akan diperluas hingga 24 Nautical Mile dari LKP (lokasi kejadian perkara),” jelas Octavianto.

Sebelumnya, Octavianto juga menjelaskan kronologis kejadian naas ini. Bermula pada saat mereka menyewa kapal untuk pergi memancing mengisi liburan di Teluk Balikpapan, mereka berangkat dari Manggar, Kamis (29/10/2020) Pukul 06:00 Wita.

Pada Pukul 18:30 Wita, kapal mereka menabrak batang (kayu-red) yang membuat kapal yang ditumpangi dalam 3 menit karam.

Berita terkait : BREAKINGNEWS! Kecelakaan Kapal Nelayan 6 Selamat 2 Dalam Pencarian

“Mereka sempat menyelamatkan diri. Semua korban waktu itu selamat, kedelapan-delapannya. Namun pada Pukul 04:00 Wita, itu terakhir kali suara Sandy terdengar,” jelas Octavianto.

Sejumlah unsur ambil bagian dalam pencarian terhadap korban hari ini, di antaranya Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan, Polair Balikpapan, TNI AL Balikpapan, KP3 Pelabuhan, KKP Balikpapan, KSOP Balikpapan, BPBD Kota Balikpapan, MV Lyric Star, Srop Balikpapan, Info Bencana, RAPI, Banda Indonesia, dan PKPU. (DK.Com)

Penulis : LVL

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!