Jual Sepeda Curian di FB, 4 Remaja Disanksi Bersihkan Parit

Keempat Pelaku Dijebak Korban Setelah Ditipu Sebelumnya

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Empat kawanan yang masih berusia remaja terpaksa harus mendapatkan sanksi sosial dari Anggota Forum Kemitraan Polisi Dan Masyarakat (FKPM) Pelita Samarinda dengan membersihkan parit, Sabtu (26/9/2020) siang,

Keempat remaja tersebut masing – masing bernama DKh (14), Sy (20), DY (17) dan Am (18). Awalnya para pelaku menawarkan sepeda lipat dengan harga cukup murah di Medsos Facebook (FB) menggunakan akun Hery Belalang. Eko Wahyu Susilo warga Palaran, korban yang pernah ketipu dengan akun yang sama, mengajak bertransaksi kembali untuk memancing pelaku.

“Sebelum hari ini ketangkap, saya pernah ketipu orang ini dengan memakai akun FB yang sama. Membeli sepeda seharga 1 juta, yang ternyata hasil curian, dan mau tidak mau dikembalikanlah ke pemiliknya,” ujar Eko Wahyu.

Saat ketemuan yang didampingi Anggota FKPM Pelita, keempat pelaku sempat berniat melarikan diri. Namun kesigapan anggota membuat keempat pelaku tidak dapat berkutik, dan berhasil dibawa ke Pos FKPM, Kelurahan Pelita, Samarinda.

“Saat kita dapati di TKP, keempat ramaja ini berusaha kabur. Tapi karena kita udah mengepung, akhirnya berhasil kita amankan beserta Sepeda Lipat yang diduga hasil curian,” jelas Dani, Anggota FKPM Pelita kepada DETAKKaltim.Com.

Baca juga : Niat Buang Sampah, Dara Cantik Ini Terjaring Razia Masker

Lantaran para pelaku ini masih remaja dan ada yang masih dibawah umur, keempat remaja ini hanya mendapat sanksi sosial membersihkan drainase dan pembinaan agar hal serupa tidak terulang kembali.

“Dari pengakuan pelaku, mereka hanya untuk menjual. Sementara otak utama yang melakukan pencurian itu berinisial YK, maka untuk hukuman keempat ini kita berikan sanski sosial dan pembinaan juga pemanggilan orang tua masing-masing,” tutup Dani. (DK.Com)

Penulis : Mashardiansyah

Editor : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.