Kapolda Lantik dan Kukuhkan Pengurus Pokdarkamtibmas Kaltim

Irjen Pol Herry : Pokdarkamtibmas Miliki Tugas Tambahan

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak melantik dan mengukuhkan Pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Daerah Kalimantan Timur masa bakti 2020-2024 di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Jum’at (25/9/2020) sore.

Dalam sambutannya usai melantik 60 pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah Kalimantan Timur, termasuk Dewan Pembina, Penasehat, dan Kehormatan, Kapolda menyampaikan ini merupakan pelantikan pengurus daerah Ke-13, dan menjadi penting ketika saat ini kita tengah menghadapi pandemi Covid-19.

Jika sebelumnya, kata Kapolda, mendukung Polri sebagai mitra secara bersama-sama meningkatkan suasana keamanan yang kondusif, mengajak masyarakat untuk hidup damai, melakukan aktifitasnya dengan baik. Maka saat ini Pokdarkamtibmas memiliki tugas tambahan.

“Tugas tambahannya adalah bagaimana menjadi pelopor dan teladan dalam pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19,” jelas Kapolda.

Menurut Kapolda, ini sebuah langkah yang luar biasa. Ke depan, Pokdarkamtibmas akan memainkan peran yang sangat peting di masyarakat. Iapun berharap di daerah-daerah timbul kerja sama dengan stakeholder, terutama dengan tokoh-tokoh adat, ulama, tokoh masyarakat, dan agama untuk menciptakan situasi Kamtibmas di Kalimantan Timur yang aman dan kondusif.

Terkait pelaksanaan Pilkada di beberapa kabupaten/kota yang akan diselenggarakan 9 Desember 2020, Kapolda berharap kepada Pokdarkamtibmas berperan menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk taat kepada ketentuan, dengan mengikuti proses demokrasi ini dengan baik sehingga bisa melaksanakan Pilkada yang bermartabat.

“Bermartabat karena semua yang menjalankannya itu mengetahui dan memahami, bahwa mengikuti ketentuan itu sangatlah penting,” katanya lebih lanjut.

Menjawab pertanyaan DETAKKaltim.Com usai pelantikan, Irjen Pol Herry Rudolf Nahak menegaskan harapannya agar Pokdarkamtibmas bersama-sama masyarakat membantu Polisi menjaga Kantibmas.

“Harapannya ini Kelompok Sadar Kantibmas bisa bantu Polisi dalam menjaga Kantibmas bersama-sama dengan masyarakat,” tandasnya.

Menanggapi pengukuhan dan pelantikan pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Kaltim, Abraham Ingan yang menjadi ketua menyampaikan, moment ini memang sudah lama ditunggu. Untuk ke depannya, akan segera membentuk pengurus di tingkat kabupaten/kota hingga sektor.

Baca juga : Pokdarkamtibmas Kaltim Bagi Masker dan Sembako

“Program kerja kita untuk membantu aparat pemerintah dan aparat keamanan TNI-Polri dalam menjaga situasi aman dan kondusif  ke depan,” jelas Abraham.

Selain itu, kata Abraham lebih lanjut, Pokdarkamtibmas juga akan ambil bagian dalam upaya mendisiplinkan diri dan masyarakat untuk mengatasi penyebaran Covid-19 yang sedang mewabah saat ini.

Acara pelantikan ini juga dihadiri Ketua MUI Kaltim KH Hamri Has, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman, Dandim 0901/Smd Kolonel Inf Oni Kristiyono Goendong, dan sejumlah tokoh adat, tokoh masyarakat, dan Ormas Kepemudaan di Kaltim. (DK.Com)

Penulis : LVL

Leave A Reply

Your email address will not be published.