Mahulu, Dua Petahana Bertarung di Panggung Pilkada

Hasil Pengundian Juan – Indra Urut 1, Bonifasius – Yohanes Urut 2

DETAKKaltim.Com, MAHAKAM ULU : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) hari ini juga menyelenggarakan Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Pengumuman Nomor Urut Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Mahakam Ulu, Kamis (24/9/2020).

Pilkada Kabupaten Mahulu tahun 2020 diikuti 2 Paslon, masing-masing Drs Y Juan Jenau dan Indra Jaya ST yang diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan yang memiliki 4 kursi di DPRD Mahulu.

Sedangkan Paslon Bonifasius Belawan Geh SH dan Drs Yohanes Avun MSi diusung Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, dan PKB dengan total 16 kursi.

Keduanya merupakan incumbent atau petahana. Pada Pilkada tahun 2015 Bonifasius adalah pasangan Juan yang terpilih, Bonifasius sebagai Bupati sedangkan Juan sebagai Wakil Bupati. Keduanya memimpin Kabupaten termuda di Kaltim itu selama 5 tahun.

Dari hasil pengundian nomor urut hari ini, nomor urut 1 dicabut Paslon Drs Y Juan Jenau dan Indra Jaya ST. Sedangkan Nomor urut 2 diraih Paslon Bonifasius Belawan Geh SH dan Drs Yohanes Avun MSi.

Dijelaskan Ketua KPU Mahakam Ulu Frederik Melawen melalui Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Saaludin, pengundian nomor urut ini sebagai bagian tahapan setelah sehari sebelumnya, tanggal 23 September 2020 Paslon ditetapkan.

“Nomor urut yang sudah ditetapkan akan digunakan Paslon dalam berkampanye, juga untuk penempatan posisi pada surat suara nantinya,” jelas Saaludin saat dikonfirmasi melalui WhatsApp-nya beberapa saat setelah pengundian nomor urut Paslon.

Disinggung mengenai deklarasi damai Paslon, mantan wartawan ini mengatakan, usai pencabutan nomor urut Paslon, KPU Kabupaten Mahulu langsung melaksanakan deklarasi damai, dan penandatanganan pakta integeritas penerapan protoko kesehatan.

Berita terkait : KPU Mahakam Ulu Umumkan Pendaftaran Bapaslon Kepala Daerah

“Deklarasi damai sudah juga tadi siang, hanya jeda jam aja di tempat yang sama. Juga penandatanganan pakta integritas penerapan protokol Covid-19 oleh calon, serta doa bersama,” jelasnya.

Baca juga:  Pesona Indonesia di Mahulu, 2 Ribuan Penari Hudoq Catatkan Rekor MURI

Berdasarkan data Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang ditetapkan 14 September 2020, disebutkan jumlah pemilih di Kabupaten Mahulu sebanyak 24.936 pemilih, terdiri atas 13.311 Laki-laki dan 11.625 Perempuan. Tersebar di 5 Kecamatan, 50 Kelurahan/Desa, 84 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Angka ini tentu masih berpotensi berubah, kepastian jumlahnya akan diketahui saat pengumuman Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS), sebagaimana dalam jadwal tahapan tertera 28 Oktober 2020. (DK.Com)

Penulis : LVL

Leave A Reply

Your email address will not be published.