KPU Balikpapan Sosialisasi Penyusunan Pelaporan Dana Kampanye

Ridwansyah : Sumbangan Maksimal Perorangan Rp75 Juta

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Di tengah merebaknya pandemi Covid-19, KPU Balikpapan giat melaksanakan Sosialisasi Penyusunan Pelaporan Dana Kampanye dan Simulasi Aplikasi Sistem Informasi Dana Kampanye (Sidapan), kepada partai politik dan bakal pasangan calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Balikpapan tahun 2020, Selasa (22/9/2020).

Komisioner KPU Kota Balikpapan Ridwansyah Heman menyampaikan, kegiatan ini bagian dari sosialisasi dana kampanye yang harus diketahui oleh seluruh partai politik pengusung bakal pasangan calon.

“Tujuan pengelolaan dana kampanye merupakan azas integritas pasangan calon dan partai politik, dalam ikut serta kontestasi pemilihan kepala daerah,” kata Ridwan.

Untuk itu, lanjut dia, tentunya harus mengikuti rambu-rambu dana kampanye. Artinya pengelolaan dana kampanye tidak boleh menerima sumbangan dari pihak asing, tidak boleh menerima sumbangan yang tidak jelas identitasnya, tidak boleh menerima uang sumbangan dari hasil kejahatan. Partai politik maksimal Rp750 Juta, untuk perorangan dapat menyumbangkan dana kampanye Rp75 Juta.

“Jika dana kampanye dari hasil sumbangan melampaui dari batasannya harus dilaporkan, dikembalikan, diserahkan ke kas negara,” imbuhnya.

Termasuk dengan kebutuhan baleho, lanjutnya, semua ada ketentuannya berapa yang harus dicetak maksimal dengan jumlah Kartu Keluarga yang ada di Balikpapan.

Berita terkait : Pilkada 2020, KPU Balikpapan Tetapkan DPS 445.244 Pemilih

Kemudian dengan adanya simulasi yang dilakukan terkait penggunaan aplikasi Sidapan, sistem yang dijalankan, operator KPU akan menjelaskan cara login. Bagaimana cara dalam mengisi dan membuat laporan awal/akhir dana kampanye, termasuk penerimaan dana sumbangan untuk tim pasangan calon.

“Setelah semua ditetapkan dan diterima penggunaan dana kampanye, maka akan dipublikasikan, disampaikan kepada masyarakat,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.