Mucil, Dihukum Push Up Saat Terjaring Razia Masker

Polsekta Sungai Pinang Samarinda Jaring 16 Pelanggar Protokol Kesehatan

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Belasan pengendara roda 2 maupun roda 4 kembali terjaring razia pendisiplinan penggunaan masker yang digelar di Polsekta Sungai Pinang, Samarinda, Kalimantan Timur. Selain pendataan dan himbauan para pelanggar juga mendapat sanksi ringan.

Sanksi ringan tersebut berupa push up dan juga berjanji di hadapan batang pohon yang berada di halaman Polsekta Sungai Pinang. Razia kali ini menyasar pada pengguna jalan yang melintasi Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Mugerijo, Kecamatan Sungai Pinang.

“Hasil malam ini sedikitnya 16 pengendara yang tak menggunakan masker, baik pengguna motor maupun mobil. Alasan mereka kebanyakan lupa dan tidak membawa karena faktor terburu-buru, dan untuk sanksi ringan kita berlakukan agar masyarakat bisa lebih disiplin, dalam penggunaan masker saat beraktivitas di luar rumah,” jelas AKP Budiarso, Wakapolsekta Sungai Pinang kepada DETAKKaltim.Com, Sabtu (19/9/2020) malam.

Dari pantauan saat razia berlangsung, tidak sedikit pula pengendara memutar balik arah serta mencari jalan lain untuk menghindari razia tersebut. Hal itu dikarenakan kebanyakan pengendara tidak dilengkapi dengan masker.

Sementara pengakuan pelanggar pengemudi roda 4 bernama Dita mengatakan, awalnya ia tidak menyangka akan terkena razia. Pasalnya ia sedang sendiri di dalam mobil tanpa menggunakan masker.

Berita terkait : Jelang Penerapan Sanksi Denda, Polresta Samarinda Gelar Operasi Cipkon

“Tadi saya pikir nggak papa, karena saya jalan naik mobil sendirian. Sebenarnya ada, tapi karena terburu-buru jadi kelupaan bawa,” kata Dita yang dihukum wawancara dengan awak DETAKKaltim.Com yang memantu jalannya razia.

Apapun alasannya, demi mendisiplinkan para pengendara, petugas tetap memberikan sanksi ringan berupa push up dan sanksi lainnya. Petugas juga melakukan pendataan serta himbuanan, agar senantiasa menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Usai mendapat sanksi ringan dan pendataan serta himbauan, para pelanggar diberikan masker untuk selalu digunakan. (DK.Com)

Penulis : Mashardiansyah

Editor : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.