PHM Gelar Webinar dengan Wartawan 3 Kota di Kaltim

Farah Dewi Sebut Support Media Sangat Baik

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Forum Diskusi Berkala Online PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) kembali menggelar webinar yang melibatkan Wartawan dari berbagai media di Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong, Selasa (16/9/2020) dari Pukul 09:00 – 12:00 Wita.

Webinar kali ini mengambil tema Mengelola Kesehatan Mental di Era Pandemi, dengan menampilkan Visnu C Bhawono Head of Institution Relation Departement PT PHM sebagai narasumber tunggal.

Sebelum masuk ke materi, Vice President Authorization, Communication and External Affairs PT PHM Agus Suprijanto dalam sambutannya menyampaikan adanya komunikasi seperti ini diharapkan agar bisa saling menguatkan satu sama lain.

“Forum diskusi kita kali ini tentunya akan memberikan satu pencerahan bersama, sehingga pertama kita tidak menutup silaturrahim di antara kita bersama. Dan yang kedua kita juga saling mengingatkan, karena kita tidak bisa survive dalam situasi seperti ini kalau tidak saling bergandengan tangan, dan saling menguatkan,” kata Agus.

Karena itu, lanjut dia, Forum Diskusi Berkala ini tetap dilanjutkan setelah pada bulan Juli lalu diselenggarakan dengan tema Kiat Media Bertahan di Tengah Pandemi. Untuk kali ini, diskusi berkaitan dengan kesehatan mental.

“Ini sangat luar biasa kalau saya lihat, karena kita semua banyak melihat sesuatu berdasarkan visual, secara fisik. Tapi drive dari semua itu adalah kesehatan mental kita masing-masing,” jelasnya.

Usai Agus Suprijanto menyampaikan sambutannya, giliran Corporate Secretary PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) Farah Dewi menyampaikan sambutannya. Ia mengatakan acara ini sangat bagus, selain menambah ilmu juga kita juga up skilling dan juga menjaga silaturrahmi.

Selain itu, ia juga menyampaikan terima kasih kepada wartawan yang selama ini telah men-support PHI dalam pemberitaan tentang operasi di Kalimantan Timur. Karena saat ini ada 3 Wilayah Kerja besar yaitu PHM, PHKT dan PHSS.

“Saya rasakan memang kerja sama dan silaturrahmi serta support dari teman-teman media sungguh sangat baik kepada kami, terima kasih. Mudah-mudahan kondisi ini segera berakhir dan kita bisa bertemu secara fisik, bersilaturrahmi dan berkomunikasi dengan baik,” sebutnya.

Dalam paparannya di hadapan peserta webinar yang berjumlah lebih 70 peserta, sebagian besar dari awak media, Visnu C Bhawono menyampaikan dalam mengelola kesehatan mental itu tergantung bagaimana mengelola diri kita melalui Healthy Mind Feeding, kemudian Stress Management, dan Psychological First Aid.

Menurutnya, dua yang pertama harus dikuasai terlebih dahulu. Karena tanpa itu yang ketiga tidak ada mamfaatnya. Healthy Mind Feeding adalah asupan yang sehat kepada pikiran kita.

Berbagai penjelasan diberikannya terkait ketiga pokok bahasannya tersebut selama sekitar 2 jam lebih, termasuk sesi tanya jawab kepada peserta.

Pada bagian akhir, moderator Aji Wirantoro menyimpulkan bahwa dalam mengelola kesehatan mental harus selalu berpikiran positif, harus melakukan kegiatan yang positif, dan dalam mengelola stres harus mampu menekan stres.

Ia mengakhiri webinar dengan sebuah kutipan seorang peneliti stres dari Slovakia bernama Hans yang mengatakan, “Bukan stres yang membunuh atau mengacaukan kita, tetapi respon kita terhadap stres itu sendiri yang akan membunuh kita,”. (DK.Com)

Penulis : LVL

Leave A Reply

Your email address will not be published.